Jateng
Kamis, 28 Januari 2016 - 11:50 WIB

KASUS PERCERAIAN : Tergolong Tinggi, 70% Perceraian di Semarang Diajukan Perempuan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perceraian (JIBI/Solopos/Dok.)

Kasus perceraian di Kota Semarang selama tahun 2015 tergolong cukup tinggi.

Semarangpos.com, SEMARANG – Tingkat perceraian di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), tergolong tinggi selama kurun waktu tahun 2015. Dari data Pengadilan Agama (PA) kelas 1-A Semarang, selama 2015 lalu jumlah perceraian di ibu kota Provinsi Jateng itu mencapai 3.119 kasus dan telah diputuskan dalam persidangan.

Advertisement

Dari data yang diperoleh Semarangpos.com, dari 3.119 kasus itu hampir 70% lebih atau sebanyak 2.197 kasus perceraian diajukan oleh pihak perempuan atau istri. Sedangkan sisanya, sebanyak 9.22 kasus adalah perceraian talak atau yang diajukan pihak laki-laki atau suami.

Dari data itu juga tercatat jika tingkat perceraian tertinggi terjadi di bulan Agustus 2015, dengan jumlah kasus cerai oleh gugatan istri sebanyak 235 kasus dan kasus talak oleh suami sebanyak 95.

“Kebanyakan perempuan yang mengajukan gugatan cerai disebabkan berbagai alasan. Salah satunya karena mereka menganggap suami tidak bertanggung jawab dalam memberikan nafkah. Selain itu, ada juga yang mengajukan cerai karena keberadaan pihak ketiga [selingkuh] hingga perbedaan pendapat,” terang Humas Pengadilan Agama (PA) Kelas 1-A Semarang, M. Sukri, saat dijumpai wartawan, Rabu (27/1/2016).

Advertisement

Selain alasan-alasan itu, Sukri juga mengaku bahwa perceraian juga disebabka n adanya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). KDRT inilah yang menjadi salah satu faktor pemicu para perempuan mengajukan cerai kepada suaminya.

Meski tinggi, pihak Pengadilan Agama tetap berusaha memberikan mediasi terlebih dahulu kepada pihak pengugat mau pun tergugat sebelum menggelar persidangan. Meski demikian, Sukri mengaku tidak banyak di antara mediasi yang dilakukan tersebut berbuah manis dan berujung damai antara pihak suami dan istri.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif