News
Selasa, 26 Januari 2016 - 12:45 WIB

GERHANA MATAHARI : Kota Ini Gelar Nonton Bareng Gerhana Matahari Total

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gerhana Matahari (Liputan6.com)

Gerhana Matahari menjadi tontonan bersama di Balikpapan.

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kota Balikpapan akan menggelar nonton bareng (nobar) fenomena alam langka Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang.

Advertisement

Dilansir Antara, Selasa (26/1/2016), Kepala Bidang pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan Abdul Majid, kepada Antara, Minggu (24/1/2016) mengatakan, nonton bareng Gerhana Matahari Total di Balikpapan akan diselenggarakan di Pantai Manggar, Balikpapan Timur.

“Untuk itulah segala persiapan dilakukan oleh Pemkot Balikpapan agar kemasan wisata saat momen ini terjadi terasa maksimal dan rencananya pemerintah menargetkan 30 ribu wisatawan berkunjung ke Pantai Manggar saat acara nobar tersebut,” kata Majid.

Di wilayah Balikpapan sendiri, fenomena Gerhana Matahari Total akan berlangsung selama 45 detik dimulai pada pukul 08.15 WITA.
“Selama acara nonton bareng Gerhana Matahari Total, pemerintah juga akan mengadakan pesta laut yang terdiri atas kuliner masakan laut gratis dan lomba perahu naga,” ungkap Majid menambahkan.

Advertisement

Tak hanya itu, momentum langka ini juga akan diramaikan dengan bazar, pesta kuliner, dan pertunjukkan di Lapangan Merdeka.

Di Indonesia, fenomena Gerhana Matahari Total pernah terjadi pada 11 Juni 1983, dan tepat pada 9 Maret 2016 mendatang, fenomena alam langka tersebut akan terjadi kembali. Beberapa daerah yang dilintasinya antara lain Palembang, Belitung, Bangka, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif