Soloraya
Minggu, 24 Januari 2016 - 20:15 WIB

CAR FREE DAY WONOGIRI : Sampah Berceceran di Area CFD, Warga Wonogiri Mengeluh

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sampah di area Car Free Day (CFD) Wonogiri (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Car Free Day Wonogiri dilaksanakan di Jl. Jenderal Sudirman.

Solopos.com, WONOGIRI – Penyelenggaraan Car Free Day (CFD) di Wonogiri masih dibayangi persoalan sampah. Semua pihak diharapkan memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya.

Advertisement

Penyelenggaraan CFD di di Wonogiri laksanakan di Jl. Jenderal Sudirman. Persoalannya, sampah selalu terlihat berceceran di sepanjang ruas jalur tersebut usai pelaksanaan CFD. Mulai sampah plastik hingga sampah bekas bungkus makanan ringan.

“Sampah memang selalu ada. Mestinya bisa dihindari dengan membuang sampah pada tempatnya,” kata Wanto, warga Wonogiri, Minggu (24/1/2016).

Hal senada juga disampaikan warga Selogiri, Ahmadi. “Sebenarnya sampah di CFD tidak terlalu banyak, namun selalu saja muncul sehingga mengganggu kenyamanan. Ada baiknya jika pengunjung CFD menyadari pentingnya membuang sampah pada tempatnya, agar lingkungan itu lebih nyaman,” kata dia.

Advertisement

Menurutnya sampah yang ditimbulkan dari kegiatan CFD tidak saja mengganggu kenyamanan pengunjung CFD, namun kenyamanan bagi pengguna jalan setelah jalur tersebut dibuka kembali untuk kendaraan bermotor.

Di sisi lain dia berharap pemerintah mengevaluasi penyelenggaraan CFD. Menurutnya lokasi CFD di Jl. Jenderal Sudirman tersebut dinilai belum sesuai.

“Itu jalur utama, kasihan kendaraan yang datang dari arah Pracimantoro jika ditutup. Akan lebih baik jika diselenggarakan di sekitar alun-alun,” kata dia.

Advertisement

Sementara itu Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Toto Prasojo, mengatakan persoalan sampah di CFD harus menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Tempat sampah sudah tersedia di sisi-sisi jalan. Kami berharap pedagang juga menyediakan tempat sampah. Sementara para pengunjung diharapkan dapat membuang sampah di tempatnya,” kata dia saat ditemui wartawan di kantornya belum lama ini.

Dia mengatakan saat ini pihaknya telah memiliki empat tenaga kebersihan untuk membersihkan sampah CFD. Para petugas tersebut bertugas membersihkan sampah ketika pelaksanaan CFD berakhir.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif