Soloraya
Minggu, 24 Januari 2016 - 06:24 WIB

ANTISIPASI BENCANA KLATEN : Pemkab Klaten Perkuat 4 Tanggul Sungai, Ini Lokasinya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga bersama BPBD Klaten dan sukarelawan mengecek lokasi longsor di jembatan di Dukuh Tanon, Desa Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Jumat (20/3/2015). Talut di jembatan itu longsor karena derasnya arus sungai. (Istimewa)

Antisipasi bencana Klaten, Pemkab Klaten menyiapkan anggaran Rp824 juta untuk penguatan empat tanggul sungai.

Solopos.com, KLATEN–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berencana memperkuat empat tanggul sungai di lokasi berbeda di Kota Bersinar sepanjang 2016. Penguatan tanggul tersebut ditaksir menelan dana senilai Rp824 juta.

Advertisement

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Klaten, Pramana Agus Wijanarka, kepada Solopos.com, Sabtu (23/1/2016). Sesuai rencana, penguatan tanggul sungai itu sudah bisa dikerjakan 4-5 bulan ke depan.

“Penguatan tanggul sungai yang kami lakukan berada di Sungai Kuning Kalikebo Kecamatan Trucuk; Sungai Babatan Karangtalun Kecamatan Karangdowo; Sungai Afour Padangan di Karangasem Kecamatan Cawas; Sunga Kuning di Wiro Kecamatan Bayat. Saat ini, kami sudah memiliki detail engineering design (DED) terkait rencana penguatan tanggul itu,” katanya.

Pramana mengatakan saat ini SDA DPU dan ESDM Klaten sudah menyusun rencana umum pengadaan (RUP) perbaikan masing-masing tanggul itu. Diharapkan, dalam waktu dekat proses lelang pengerjaan masing-masing tanggul sudah bisa dilangsungkan.

Advertisement

“Penguatan tanggul ini merupakan tindak lanjut dari rencana proyek-proyek tahun sebelumnya. Tanggul yang ada di sejumlah sungai itu memang sudah rusak sehingga harus diperbaiki. Kalau tak segera diperbaiki, kerusakannya justru akan semakin parah,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif