Soloraya
Sabtu, 23 Januari 2016 - 06:30 WIB

PERGANTIAN KEPEMIMPINAN : Pelantikan Pj Wali Kota Belum Jelas

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Balai Kota Solo (JIBI/Solopos/dok)

Pergantian Kepemimpinan, pelantikan Pj Wali Kota Solo belum diketahui pasti.

Solopos.com, SOLO–Nasib pelantikan Pelaksana Harian (Plh) Penjabat (Pj) Wali Kota Solo Budi Yulistianto menjadi Pj. Wali Kota hingga kini belum jelas. Pemkot masih menunggu keputusan pengangkatan Pj. Wali Kota dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri).

Advertisement

Asisten Pemerintahan Setda Solo Said Romadhon mengatakan pelantikan Pj. Wali Kota tinggal menunggu jadwal pelantikan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. “Dari informasi yang kami terima SK pengangkatan Pj. Wali Kota masih mandek di Kemendagri. Pemprov pun menunggu itu,” katanya ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Jumat (22/1/2016).

Said mengatakan Pemkot telah melengkapi seluruh persyaratan pelantikan Pj. Wali Kota. Namun tetap saja, kewenangan pelantikan Pj. Wali Kota berada di tangan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Tentunya pelantikan bisa digelar seusai SK pengangkatan dari Kemendagri.

“Hari ini [Jumat kemarin] Gubernur ada di Wonogiri, lalu Senin (25/1/2016) nanti Pak Gubernur berada di Palangkaraya. Jadi kami belum tahu kepastian kapan pelantikannya,” katanya.

Advertisement

Said mengatakan Pemkot telah mempersiapkan perlengkapan seperti seragam Pakaian Dinas Upacara Besar (PDUB), bendera Pemkot serta perlengkapan lainnya untuk pelantikan Pj. Wali Kota. Said mengatakan akan membawa rombongan untuk mengikuti pelantikan Pj. Wali Kota di Semarang nanti. Rombongan terdiri atas pejabat Pemkot, kalangan DPRD, perwakilan tokoh masyarakat, PKK, Dharma Wanita dan lain sebagainya. Rombongan sekitar 60 orang yang akan menghadiri pelantikan. Termasuk di antara tamu undangan, istri mantan Pj. Wali Kota, Budi Suharto.

“Pejabat nanti yang mengikuti pelantikan di antaranya pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), camat, perwakilan tokoh masyarakat, maupun PKK,” katanya.

Said berharap pelantikan Pj. Wali Kota bisa dilaksanakan sesegera mungkin. Hal ini agar roda pemerintahan Kota Solo bisa berjalan normal. Menurutnya, belum ditetapkannya jabatan Pj. Wali Kota menghambat sejumlah persoalan administrasi Pemkot. Salah satunya sejumlah Peraturan Daerah (Perda) yang belum bisa ditetapkan lantaran belum adanya Pj. Wali Kota.

Advertisement

Sementara itu Plh Pj. Wali Kota Solo Budi Yulistianto enggan berkomentar banyak terkait pelantikan Pj. Wali Kota. “Saya nggak mau komentar tentang ini. Kita tunggu saja,” ucapnya singkat meninggalkan wartawan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif