Teknologi
Jumat, 22 Januari 2016 - 13:30 WIB

GOOGLE DOODLE : Wilbur Scoville, Ilmuwan Peneliti Tingkat Kepedasan Cabai

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Trinidad Moruga Scorpion Pepper

Google Doodle kali ini menampilkan profil ilmuwan Wilbur Scoville.

Solopos.com, SOLO — Wilbur Scoville melakukan riset tentang tingkat kepedasan cabai. Penelitian ilmuwan tersebut diapresiasi oleh Google Doodle lewat peringatan hari ulang tahunnya yang ke-151, Jumat (22/1/2016).

Advertisement

Dilansir laman Google, Wilbur Scoville atau Wilbur Lincoln Scoville lahir di Bridgeport Connecticut, 22 Januari 1865. Semasa hidup, Wilbur menelurkan buku The Art of Compounding. Buku tersebut memaparkan zat yang bisa menangkal kepedasan lada atau cabai adalah susu.

Sebagai ilmuwan, Wilbur memelopori penelitian uji organoleptik. Dalam riset tersebut, Wilbur menggunakan manusia sebagai pencicip tingkat kepedasan cabai. Selanjutnya, Wilbur membuat skala scoville untuk satuan ukur kepedasan cabai.

Konsep animasi Google Doodle yang menggambarkan profil Wilbur ini diciptakan oleh Olivia Huynh. Ia telah memikirkan perayaan ulang tahun Wilbur ini sejak musim panas lalu.

Advertisement

Olivia melambangkan hasil penelitian Wilbur lewat peperangan es krim dengan pelbagai jenis cabai. Ada lima jenis cabai yang ditampilkan, yaitu bell pepper, bhut jolokia (ghost pepper), cayenne pepper, jalapeno pepper, dan trinidad moruga scorpion pepper. Cabai dengan tingkat kepedasan paling tinggi adalah trinidad moruga scorpion pepper.

Ilustrasi Bell Pepper

Ilustrasi Bhut Jolokia (Ghost Pepper)

Advertisement

Ilustrasi Cayenne Pepper

Ilustrasi Jalapeno Pepper

Ilustrasi Trinidad Moruga Scorpion Pepper

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif