News
Rabu, 20 Januari 2016 - 22:35 WIB

UJIAN NASIONAL 2016 : ATUN Dinonaktifkan, Publik Kecewa

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penonaktifan ATUN (Facebook.com)

Ujian Nasional 2016 akan segera dihadapi para siswa sekolah.

Solopos.com, SOLO — Aplikasi untuk membantu para siswa menghadapi Ujian Nasional 2016, Aplikasi Tryout ujian Nasional (ATUN) dinonaktifkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Hal ini membuat publik kecewa.

Advertisement

Pengumuman soal penonaktifan ATUN ini diungkapkan admin fanpage ATUN, Mobile Edukasi BPMP Government Organization, Senin (18/1/2016).

“Mohon maaf, Aplikasi Tryout Ujian Nasional di alamat http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id untuk sementara kami nonaktifkan dengan alasan non teknis. #saveatun,” tulis admin ATUN.

Advertisement

“Mohon maaf, Aplikasi Tryout Ujian Nasional di alamat http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id untuk sementara kami nonaktifkan dengan alasan non teknis. #saveatun,” tulis admin ATUN.

“Maafkan kami…ini bukan masalah teknis dan semua diluar kewenangan kami…Mohon doa dan dukungannya…#saveatun,” lanjut admin ATUN.

Entah apa yang menjadi pertimbangan Kemendikbud menyetop aplikasi latihan ujian nasional ini. Terkait dengan hal itu, akun Anna Tarbudin menyayangkan langkah tersebut.

Advertisement

Kekecewaan serupa diungkapkan akun Yahya Purnama dan Hamsah ST. Menurut Yahya, penonaktifan ATUN ini berhubungan dengan sistem latihan ATUN yang hanya diperuntukkan siswa sekolah menengah atas (SMA) dan belum tersedia untuk latihan soal siswa sekolah menegah kejuruan (SMK).

“Mobile Edukasi BPMP semoga pemerintah berubah pikiran. Ini aplikasi penting buat saya. Tapi sayang karena Mobile Edukasi BPMP pilih kasih karena cuma ngebahas soal UN SMA saja jadi kemdikbud marah dan ditutup sementara. Saya siswa SMK TEKNOLOGI turut prihatin, semoga ATUN tidak pilih kasih lagi ke SMA saja,” tulis Yahya.

“Sayang sungguh sayang.. baru sekali sy akses.. baru mau akses lagi ternyata sudah dinonaktifkan… kapan bisa aktif lagi ya????” tulis Hamsah ST.

Advertisement

“Memang sangat disayangkan..tatkala UN sudah dekat, ATUN malah off…secapatnya kami aktifkan jika kami sudah mendapatkan ijin untuk mengaktifkannya lagi…terima kasih sudah peduli dengan ATUN,” jawab akun Mobile Edukasi BPMP.

ATUN ini dikembangkan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pustekkom (BPMP) Kemdikbud. ATUN berbasis latihan mobile yang bisa diakses lewat telepon genggam, dengan mengunjungi alamat http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Kabar bahagia soal ATUN ini sebelumnya sudah beredar di masyarakat sejak Sabtu (16/1/2016). Sesuai pantauan Solopos.com, pada Minggu (17/1/2016), alamat resmi ATUN sempat tidak bisa diakses. Kini, ATUN justru dinonaktifkan karena alasan nonteknis. Akankah ATUN diaktifkan lagi?

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif