Lifestyle
Rabu, 20 Januari 2016 - 06:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Indra Penciuman Tak Tajam Tanda Alzheimer, Benarkah?

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita alzheimer (Huffingtonpost.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas tanda awal penderita Alzheimer.

Solopos.com, SOLO — Alzheimer, penyakit pada sel-sel otak yang membuat memori seseorang tak normal, bisa diderita oleh siapa saja. Kali ini, akan ada pembahasan mengenai tanda awal penyakit tersebut.

Advertisement

Dilansir Weeklyhealthylife, Selasa (19/2/2016), Jama Neurology menerbitkan sebuah hasil studi soal alzheimer. Hasil studi tersebut mengungkapkan gejala pertama dari penyakit tersebut adalah seseorang kehilangan ketajaman indra penciumannya.

Penelitian Jama Neurology ini melibatkan objek penelitian orang muda dan orang tua. Melalui penelitian tersebut, orang-orang dengan indra penciuman kurang tajam berpeluang lebih besar menderita alzheimer, ketimbang orang-orang yang indra penciumannya masih normal.

Namun begitu, pemimpin penelitian Robertson menjelaskan bahwa rendahnya ketajaman indra penciuman seseorang tidak selalu berarti gangguan kognitif yang berhubungan dengan alzheimer. Bisa saja orang tersebut menderita sinus kronis atau masalah pernapasan, sehingga tidak baik dalam membaui sesuatu.

Advertisement

Hingga berita ini diturunkan, pihak Robertson menjelaskan bahwa tim penelitiannya akan melakukan studi lanjutan untuk lebih mengetahui secara pasti keterkaitan indra penciuman dengan demensia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif