Soloraya
Rabu, 20 Januari 2016 - 17:40 WIB

PENATAAN PARKIR SOLO : DPRD Tolak Gedung Parkir Pasar Gede, Ini Alasannya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga melintasi kawasan parkir di sisi utara Pasar Gede Solo, Senin (18/1/2016). Dishubkominfo Kota Solo merencanakan pembangunan gedung parkir dua lantai di kawasan tersebut untuk menyelesaikan masalah lahan parkir setelah penataan koridor Pasar Gede. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Penataan parkir Solo, DPRD menilai gedung parkir Pasar Gede mengganggu eksistensi pasar yang merupakan bangunan cagar budaya.

Solopos.com, SOLO–Kalangan legislatif menolak wacana pembangunan gedung parkir di kawasan Pasar Gede. DPRD menilai proyek tersebut rawan mengganggu eksistensi pasar yang notabene situs dan bangunan cagar budaya (BCB).

Advertisement

Anggota Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Suharsono, tegas menolak pembangunan gedung parkir yang rencananya didirikan di utara Pasar Gede sisi timur. Menurut Suharsono, kebijakan itu rentan merusak kawasan cagar budaya di pasar karya Thomas Karsten tersebut.

“Kami tidak sepakat dengan wacana Pemkot. Kami khawatir pembangunan gedung parkir akan merusak struktur BCB di Pasar Gede,” ujarnya kepada wartawan di DPRD, Rabu (20/1/2016).

Advertisement

“Kami tidak sepakat dengan wacana Pemkot. Kami khawatir pembangunan gedung parkir akan merusak struktur BCB di Pasar Gede,” ujarnya kepada wartawan di DPRD, Rabu (20/1/2016).

Ketua Komisi II DPRD, Y.F. Sukasno, meminta Pemkot berhati-hati dalam melontarkan wacana pembangunan gedung parkir di Pasar Gede. Sukasno menegaskan perlu kajian mendalam yang melibatkan stakeholder sebelum menyeriusi sebuah kebijakan.

Menurut dia, pembangunan gedung parkir riskan mengganggu eksistensi BCB di kawasan Pasar Gede. “Mencari solusi parkir oke, tapi harus cermat. Jangan parsial yang akhirnya cuma mengorbankan BCB yang ada,” ujarnya.

Advertisement

“Kami khawatir kawasan di sana malah tambah ruwet dengan tambahan bangunan. Kalau solusi parkir hanya dengan membangun gedung parkir ya tidak ada habisnya.”

Sukasno mendorong Pemkot mengoptimalkan dulu lahan parkir yang sudah ada sembari menyerap aspirasi warga terdampak. Dia tak ingin infrastruktur parkir itu nantinya tidak optimal seperti taman parkir Jl. Mayor Kusmanto.

“Kami segera memanggil SKPD terkait untuk menjelaskan detail rencana pembangunan,” kata dia.

Advertisement

Wakil Ketua DPRD, Abdul Ghofar Ismail, mendesak ada pendalaman proyek sebelum melangkah lebih jauh. Ghofar mencium sebagian kajian pembangunan cenderung mengikuti kehendak pembuat kebijakan.

“Kajiannya untuk mendukung maksud tertentu. Mestinya kajian yang dilakukan fair dan menyeluruh,” ujarnya.

Ghofar mengatakan selama ini banyak ide yang dilontarkan untuk mengatasi masalah parkir dan kemacetan. Dia berharap terobosan dan inovasi lebih berdampak jangka panjang. “Jangan hanya tambal sulam.”

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif