News
Rabu, 20 Januari 2016 - 15:30 WIB

KABINET JOKOWI-JK : Inilah KEIN, Komite Baru Bentukan Jokowi yang Dipimpin Soetrisno Bachir

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin Sidang Kabinet Paripurna, di kantor Presiden, Jakarta, Senin (2/11/2015) sore. (Setkab.go.id)

Kabinet Jokowi-JK kini memiliki komite baru, namanya Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) yang dipimpin Soetrisno Bachir.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Jokowi membentuk komite baru yang menarik perhatian, namanya Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Komite baru ini merupakan pengganti Komite Ekonomi Nasional pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), namun fokusnya lebih kepada sektor industri. Yang ditunjuk sebagai ketua adalah tokoh senior PAN, Soetrisno Bachir.

Advertisement

Pimpinan dan anggota KEIN era pemerintahan Jokowi saat ini diisi kalangan pengusaha, ekonom, akademisi, dan industrialis. KEIN akan menekankan pada pengembangan industri dalam negeri agar dapat memiliki daya saing terhadap negara lain.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan penambahan industri dalam lembaga tersebut bertujuan untuk membangun industri dalam negeri yang kuat. Pasalnya, selama ini sektor industri belum optimal dikembangkan oleh pemerintah.

“Tentu saja ada penekanan dalam industri, karena memang apa yang kurang adalah selama belasan tahun ini di industri,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Advertisement

Darmin Nasution menuturkan Indonesia membutuhkan industri yang kuat untuk dapat menghasilkan dinamika baru di perekonomian nasional. Hal itu menjadi alasan utama adanya penekanan industri di dalam institusi yang baru dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, pemerintah akan memanfaatkan pengalaman dan jejaring yang dimiliki anggota KEIN untuk mengembangkan perekonomian nasional. Pemerintah akan mengoptimalkan komunikasi dengan KEIN, untuk mendapatkan masukan dalam menyusun sebuah kebijakan.

“Kami akan berupaya untuk berkomunikasi dengan optimal, dan mengharapkan mereka menggunakan kelebihan dan jejaringnya untuk membangun pemikiran, serta inisiatif dalam bidang ekonomi industri,” ujarnya.

Advertisement

Presiden baru saja melantik Ketua, Wakil Ketua, dan anggota KEIN di Istana Negara. Pelantikan tersebut berdasarkan Peraturan Presiden No. 8/2016 tentang Pembentukan KEIN.

Soetrisno Bachir ditunjuk sebagai Ketua KEIN, dan Arif Budimanta sebagai Wakil Ketua, sedangkan Putri Wardani menjadi Sekretaris KEIN. Adapun anggota KEIN adalah Hendri Saparini, Hariyadi Sukamdani, Eddy Kusnadi Sariatmaja, Sudhamek, Johnny Darmawan, Benny Soetrisno, Mohammad Fadhil Hasan, Benny Pasaribu, Sonny Budi Harsono, Aries Muftie, dan Muhammad Syafii Antonio. Ada pula nama M Najikh, Andri BS Sudibyo, Zulhanar Usman, Irfan Wahid, Donny Oskaria, dan Sugiarto Alim.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif