Jogja
Rabu, 20 Januari 2016 - 00:40 WIB

Isu Orang Hilang Ancam Pendidikan Tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

Kopertis Wilayah V khawatir bila isu ini terus berlarut-larut jumlah mahasiswa baru dari luar daerah akan merosot cukup signifikan.

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kasus orang hilang diduga terkait keberadaan ormas Gafatar dianggap cukup mengganggu bagi dunia pendidikan tinggi di DIY. Dikhawatirkan akan muncul rasa was-was dari kalangan orangtua murid yang ingin menyekolahkan anaknya di DIY.

Koordinator Kopertis Wilayah V Bambang Supriyadi mengatakan pihaknya khawatir bila isu ini terus berlarut-larut jumlah mahasiswa baru dari luar daerah akan merosot cukup signifikan. Fenomena serupa menurutnya pernah terjadi beberapa waktu lalu saat santer isu hasil survey keperawanan di kalangan mahasiswa DIY.

“Efeknya waktu itu cukup besar juga, jadi kita harus berhati-hati dan mempromosikan bahwa DIY aman,” ujar dia di Kompleks Kepatihan Selasa (19/1/2016).

Advertisement

Bambang menambahkan, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada seluruh wakil rektor bidang kesiswaan dalam forum komunikasi perguruan tinggi di Kulonprogo beberapa waktu lalu terkait masalah ini.

Menurutnya para wakil rektor harus bisa proaktif dalam menjaga supaya baik mahasiswa dan lulusannya tak sampai terbawa organisasi mencurigakan. Sejauh ini Bambang mencatat belum ada satupun mahasiswa di DIY yang terindikasi bergabung dengan organisasi semacam Gafatar.

Beasiswa Ngarso Dalem

Advertisement

Di kesempatan yang sama, Bambang mengungkapkan rencana kerjasama Universitas Tasmania Australia dan pemerintah DIY untuk menggelar beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 di universitas itu. Untuk menggaet lebih banyak peminat, beasiswa itu akan dinamakan sesuai nama Gubernur DIY.

“Belum resmi sebenarnya, ya, bolehlah disebut Beasiswa Ngarso Dalem,” ujar Bambang.

Awalnya beasiswa itu akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak Universitas Tasmania. Namun Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan keinginannya untuk ikut ambil bagian dalam memberikan sumbangan bagi beasiswa itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif