Jogja
Selasa, 19 Januari 2016 - 06:40 WIB

KINERJA GURU : Guru Jangan Malas Lakukan Penelitian

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru (Dok/JIBI/Solopos)

Tidak hanya sekadar mengajar di kelas saja, guru juga harus mengetahui perubahan dunia yang sangat cepat.
Harianjogja.com, JOGJA – Perkembangan dunia pendidikan yang semakin modern menuntut guru tidak hanya sebagai tenaga pengajar saja. Mereka juga harus mampu menjadi peneliti untuk mengetahui perkembangan dunia saat ini.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Umi Rokhyati mengatakan metode pendidikan yang dilakukan guru sudah harus berubah. Tidak hanya sekadar mengajar di kelas saja, guru juga harus mengetahui perubahan dunia yang sangat cepat.

Advertisement

“Para guru memang harus multitalenta. Selain mengajar, mereka juga harus bisa menyediakan keahlian, membekali pengetahuan dan mempersiapkan kepemimpinan para peserta didik. Salah satunya lewat penelitian,” kata Umi di ruang kerjanya, Senin (18/1/2016).

Umi berharap dengan pengembangan diri lewat penelitian ini, ke depannya guru tidak hanya piawai mengajarkan. Merkea benar-benar mampu mampu berperan sebagai navigator, adaptor, komunikator, pembelajar, sosok yang visioner, pendidik independen, contoh pemimpin, pengkolaborasi, pengambil resiko dan mentor.

Perubahan tentu saja tidak hanya dilakukan guru, tapi juga lembaga yang menghasilkan guru. Lembaga pendidikan tenaga kependidikan harus mengubah kurikulum untuk mendukung upaya adaptasi dengan tuntutan pembangunan, khususnya yang berkaitan dengan globalisasi.

Advertisement

Penting bagi lembaga pendidikan ini untuk memasukkan penelitian dalam kurikulum. Dengan demikian para guru akan memiliki kewajiban melakukan penelitian di kelasnya. Ini sebagai upaya pembiasaan dan mendorong guru-guru baru tidak hanya sebagai praktisi namun juga ilmuan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif