Sport
Sabtu, 16 Januari 2016 - 08:00 WIB

BOM SARINAH THAMRIN : Jakarta Dibom, Penggalangan Dana Rio Haryanto Ditunda

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rio Haryanto raih juara Sprint Race (Liputan6.com)

Bom Sarinah Thamrin yang mengguncang Jakarta membuat penggalangan dana untuk Rio Haryanto ditunda.

Solopos.com, JAKARTA — Acara penggalangan dana untuk pembalap asal Solo, Rio Haryanto, menuju Formula 1 diputuskan ditunda. Keputusan itu diambil Kemenpora dan Kementerian BUMN lantaran terjadi terjadi teror bom Sarinah Thamrin, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Advertisement

Seperti dilansir Detik, Jumat (15/1/2016), rencana awal penggalangan dana akan dilakukan pada Kamis malam, pukul 19.00 WIB, di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta. Namun, sebelum acara dilangsungkan, terjadi teror bom di kawasan Thamrin, Jakarta, pada siang harinya.

Menilai kondisi saat itu belum memungkinkan, Kemenpora dan Kementerian BUMN terpaksa menunda acara yang awalnya untuk mencari sponsor Rio kepada perusahaan-perusahaan BUMN dan swasta.

Advertisement

Menilai kondisi saat itu belum memungkinkan, Kemenpora dan Kementerian BUMN terpaksa menunda acara yang awalnya untuk mencari sponsor Rio kepada perusahaan-perusahaan BUMN dan swasta.

Rio baru mengumpulkan dana sebesar 5 juta euro atau Rp75 miliar. Padahal ia membutuhkan 15 juta euro atau Rp226 miliar itu untuk memastikan satu kursi di tim Manor.

“Iya, kami tunda karena kami melihat kondisinya belum sepenuhnya kondusif. Penundaan dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” kata Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Advertisement

Di dalam acara tersebut, rencananya akan ada paparan dari pihak Rio  ibunya atau manajernya untuk memaparkan alasan kenapa Rio mesti didukung ke F1, lalu peluangnya seperti apa.

“Memang bukan berarti Rio masuk F1 2016 kemudian bisa melewati Lewis Hamilton?, tapi at least bisa meyakinkan Rio punya prospek ke arah sana,” kata Gatot.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, ibu Rio, Indah Pennywati, mengatakan saat ini Rio masih menunggu verifikasi dari pihak Federation Internationale de L’automobile (FIA), sebelum akhirnya Manor mengumumkan secara resmi Rio masuk dalam tim tersebut.

Advertisement

“Kami tinggal menunggu keputusan FIA dan yang berhak mengumumkan adalah tim Manor, yang pasti semua dokumen dan tes sudah kami lengkapi,” kata Indah.

Rio sudah mengirimkan surat kontrak kepada Manor yang berisi tanda tangannya dan juga surat rekomendasi dari Menpora Imam Nahrawi. Surat rekomendasi Menpora itu berisi jaminan bahwa uang sponsor, sebesar 15 juta euro atau Rp226 miliar, bakal dibayar secara bertahap.

Uang sponsor tersebut berasal dari Pertamina dan perusahaan-perusahaan lainnya. Sebagai gantinya, Menpora juga meminta aktivitas serta tempat untuk mempromosikan Indonesia dan perusahaan-perusahaan yang mendanai pada badan mobil.

Advertisement

Rio diterima membalap untuk Manor setelah tim asal Inggris itu puas dengan hasil tesnya di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 1 Desember silam.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif