Otomotif
Jumat, 15 Januari 2016 - 12:10 WIB

TIPS OTOMOTIF: Jangan Pakai 6 Aksesori Motor Ini Saat Hujan!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebanyak 1500 pengemar Vespa modifikasi dan standar berkumpul di lapangan desa Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo, Sabtu (29/8/2015). (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Tips otomotif kali ini tentang aksesori motor yang perlu dihindari saat hujan.

Solopos.com, JAKARTA – Aksesori custom tentu membuat tampilan motor lebih keren. Tetapi di musim hujan seperti sekarang, ada ada aksesori yang tidak seharusnya dipasang. Apa saja? Simak tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Yuwono Jati dari rumah modifikasi Lunatic Jakarta memberi tips sebaiknya motor modifikasi dikembalikan ke kondisi standar selama musim hujan. Sebab meski modifikasinya ringan, kemampuan handling dan ketahanan motor tetap berubah.

”Walau bikin tampilan motor jadi lebih keren, beberapa aksesori bisa menjadi bahaya jika tetap digunakan saat musim hujan,” ungkap Yuwono seperti dikutip Solopos.com dari laman Otorider, Kamis (14/1/2016).

Berdasarkan tips otomotif yang disampaikan Yuwono, berikut ini adalah enam aksesori motor yang sebaiknya tidak dipasang selama musim hujan.

Advertisement

Footstep Underbone
Pijakan kaki (footstep) model underbone terbuat dari bahan logam. Selain licin, ukurannya yang ramping membuat pijakan kaki kurang mantap ketika berkendara di tengah guyuran hujan. Sebaiknya ganti dengan footstep yang berbahan karet.

Grip Setang
Selain footstep, pegangan (grip) pada setang juga kerap diganti dengan aksesori berbahan logam. Sebaiknya pasang kembali grip standar yang berbahan karet supaya pengendalian gas dan arah motor tetap aman selama musim hujan.

Lampu HID
Pada dasarnya lampu HID memang tidak direkomendasikan untuk sepeda motor karena terlalu silau. Terlebih jika digunakan saat turun hujan, lampu jenis itu sudah pasti membahayakan pengendara lain yang datang dari arah depan.

Advertisement

Ban Balap
Pada kondisi jalanan kering, ban dengan karakter balap jelas mampu mendongkrak performa motor. Tetapi di jalanan basah, ban jenis itu justru membahayakan karena sangat minim ulir sehingga membuat pengendara berisiko tergelincir.

Undertail
Aksesori undertail umumnya dipasang pada motor sport supaya terkesan aerodinamis. Tetapi sebagai gantinya, sepatbor bawaan harus dilepas. Selama musim hujan, sebaiknya lepas undertail dan pasang kembali sepatbor supaya pengendara di belakang tidak terciprat lumpur.

Pelapis Jok Berbahan Kain
Jok berlapis kain mungkin lebih nyaman karena tidak licin dan tidak mudah panas. Tetapi saat musim hujan, bahan kain membuat air merembes ke bagian busa. Hal itu membuat jok berbau tidak sedap dan mudah muncul bintik-bintik jamur.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif