News
Jumat, 15 Januari 2016 - 16:53 WIB

SNMPTN 2016 : Simak! Inilah Jadwal Resmi SNMPTN 2016

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Simak! Inilah Jadwal SBMPTN 2016

SNMPTN 2016 bakal segera memulai rangkaian proses seleksi.

Solopos.com, SOLO – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 segera dimulai. Panitia bahkan telah mengumumkan jadwal SBMPTN 2016 yang bakal mulai dibuka pekan depan.

Advertisement

Akun Twitter Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah menyebar jadwal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2016. Jadwal yang dikemas dalam ilustrasi gambar ini bahkan telah menajai viral di media sosial

Ketua Pelaksana SNMPTN dan SBMPTN 2016 Rochmat Wahab menjelaskan, pendaftaran seleksi jalur undangan diawali dengan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Tahapan ini dibuka pada 18 Januari hingga 20 Februari.

Jadwal SNMPTN 2016 di situs resmi panitia. (SNMPTN.or.id)

Advertisement

“Siswa kelas XII bisa mendaftar SNMPTN 2016 pada 29 Februari hingga 12 Maret,” ujarnya dalam acara peluncuran SNMPTN dan SBMPTN 2016 di Kemristekdikti, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Setelah mendaftar, calon peserta SNMPTN bisa mencetak Kartu Tanda Peserta pada 22 Maret hingga 21 April. “Proses seleksi dilakukan PTN pada 24 Maret hingga 8 Mei. Sedangkan hasil seleksi akan diumumkan pada 10 Mei,” imbuhnya.

Mengutip buku panduan awal SNMPTN 2016, SNMPTN atau yang lebih dikenal jalur undangan merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional, berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. PTN peserta SNMPTN ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguran Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan serentak.

Advertisement

Siswa peserta SNMPTN tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun. Bahkan peserta SNMPTN yang kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui program Bidikmisi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif