Teknologi
Jumat, 15 Januari 2016 - 22:15 WIB

PENJUALAN PC : Penjualan Komputer Semakin Menurun, Gara-Gara Windows 10?

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan Windows 10 (The Verge)

Penjualan PC semakin menurun akhir 2015. Banyak yang memperediksi itu semua karena OS Windows 10 yang gratis.

Solopos.com, SOLO — Sepanjang 2015 lalu penjualan personal computer (PC) menurun lebih dari 10%, atau tepatnya 10,6%. Ternyata kemunculan OS Windows 10, Juli 2015 lalu tak mendongkrak penjualan perangkat konputer atau laptop.

Advertisement

Seperti dilaporkan Forbes, Kamis (14/1/2016), penurunan penjualan PC itu dipaparkan lembaga riset IDC. Sedangkan menurut lembaga riset lainnya, Gartner, penurunan penjualan perangkat keras itu mencapai 8,3%.

Dua lembaga riset itu kompak menyebut penjualan PC mencatatkan rekor terburuk 2015 lalu dan hanya 300 juta unit yang terjual. Tentu saja itu pencapian terburuk sejak 2008 lalu.

Menurut IDC, ada beberapa faktor atau alasan penurunan penjualan PC. Salah satunya PC mulai tersaingi smartphone dan tablet yang memiliki spesifikasi mirip laptop atau komputer, nilai tukar mata uang asing dan yang paling utama karena kemunculan OS terbaru Windows 10.

Advertisement

Dengan adanya OS terbaru Windows 10 yang bisa diunduh gratis, membuat IDC menyimpulkan pengguna laptop atau komputer lawan enggan membeli yang baru karena lebih memilih memperbarui OS Windows 10.

Tapi tak semua mengalami penurunan. Penjualan PC Apple yang disebut Mac terus meningkat setiap tahun. Bahkan Apple saat ini berada di peringkat ketiga produsen PC terbesar di Amerika Serikat.

Pencapaian penjualan PC Apple mengungguli. Lenovo. Saat ini Apple berada di posisi keempat dunia versi IDC dan peringkat kelima dunia versi Gartner.

Advertisement

Meski begitu penjualan PC akan semakin meningkat tahun 2016. Menurut Gartner dan IDC, adanya Windows 10 dan pasar PC yang semakin besar membuat pengguna bisa semakin tertarik memiliki komputer atau laptop baru.

Advertisement
Kata Kunci : Penjualan PC Windows 10
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif