Jogja
Rabu, 13 Januari 2016 - 03:40 WIB

INFRASTRUKTUR : Pelebaran Jalan Banyakan Tunggu Konsep DPU Bantul

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok.solopos)

Jalan antarkecamatan yaitu Pleret dan Piyungan tersebut selama ini digunakan jalur alternatif wisatawan

 

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Pelebaran jalan yang melintasi wilayah Banyakan, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, yang telah direncanakan pemerintah, masih menunggu konsep Dinas Pekerjaan Umum setempat.

“Jalan di Banyakan Piyungan itu direncanakan akan diperlebar, namun prosesnya masih menunggu konsep Dinas PU bagaimana,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Suwito, di Bantul, Selasa (12/1/2016).

Menurut dia, jalan antarkecamatan yaitu Pleret dan Piyungan tersebut selama ini digunakan jalur alternatif wisatawan yang datang dari arah selatan Bantul menuju Jalan Wonosari Piyungan atau sebaliknya.

Advertisement

Namun diakui, jalur tersebut masih kurang didukung dengan infrastruktur yang memadai, misalnya jalan yang kurang lebar juga di sejumlah titik mengalami kerusakan akibat kendaraan besar atau truk bermuatan.

“Di sana juga sudah ada petunjuk arah sehingga memudahkan pengguna jalan menuju Jalan Wonosari dan sebaliknya, biasanya jalur ini lebih ramai kalau jalur utama terjadi kemacetan,” katanya.

Suwito juga mengatakan, jika jalur tersebut nantinya memadai sebagai jalur alternatif, maka dapat mendukung akses transportasi ke kawasan industri Piyungan yang meliputi wilayah Desa Sitimulyo dan Srimulyo.

Advertisement

“Itu juga termasuk upaya pengembangan kawasan industri dan pariwisata Piyungan sesuai rencana induk Pemda DIY, sehingga di sana nanti bisa berkembang dan terdongkrak ekonominya,” katanya.

Sementara itu, selain jalur tersebut, menurut dia, masih ada sejumlah ruas jalan di wilayah Bantul yang menjadi pekerjaan rumah (PR) instansinya untuk ditingkatkan infrastruktur maupun penambahan sarana prasarana jalan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif