Jogja
Selasa, 12 Januari 2016 - 18:20 WIB

GUNUNG MERAPI : Lahan Bekas Kebakaran Hutan Merapi Ditanami Pohon Tahan Api

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gunung Merapi

Gunung Merapi diantisipasi dari kebakaran dengan penanaman pohon tahan api

Harianjogja.com, SLEMAN- Taman Nasional Gunung Merapi dibantu komunitas relawan dan masyarakat lereng Merapi mulai melakukan penyekatan di lahan bekas terbakar dengan menanam pohon jenis “evergreen” yang tahan api.

Advertisement

“Kegiatan penyekatan di lahan yang bekas terbakar ini sudah kami lakukan dalam beberapa hari ini,” kata Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Wahid Adi Wibowo, Senin (11/1/2016).

Menurut dia, pohon yang ditanam selain jenis “evergreen” juga tambahan pohon dadap duri.

“Pohon jenis ‘evergreen’, meski kemarau akan tetap hijau dan tidak mudah terbakar. Selain itu juga dadap duri, untuk pakan burung asli hutan Merapi,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Advertisement

Ia mengatakan, total bibit pohon tersebut sebenarnya ada seribu. Namun, baru ditanam sebanyak 200 bibit oleh relawan dari berbagai daerah dan organisasi atau perorangan.

“Sisa bibit pohon nanti akan ditanam TNGM dan Relawan Barameru di daerah Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah,” katanya.

Wahid mengatakan, dalam penghijauan yang dilakukan pada Minggu (10/1/2016) ada sekitar 60 relawan yang ikut.

Advertisement

“Penanaman pohon penyekat dilakukan di sekitar pintu gerbang TNGM, jalur pendakian Selo-Jrakah, Boyolali, Jawa Tengah. Penanaman di utara gerbang ditujukan sebagai sekat bakar. Karena berbatasan langsung dengan lokasi yang terbakar pada 2015,” katanya.

Bencana terbakarnya hutan di TNGM pada 2015 merupakan yang terbesar sejak beberapa tahun terakhir. Total ada sekitar 305 hektare yang hangus akibat bencana sejak Juli hingga November 2015.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNGM Tri Atmojo, mengatakan pihaknya akan secara terbuka berkoodinasi jika ada masyarakat umum yang akan melakukan penghijauan.

“Kemarin bersama teman-teman dari beberapa komunitas relawan,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif