Soloraya
Senin, 11 Januari 2016 - 18:40 WIB

SOLO GREAT SALE : DPRD: UMKM Jangan Hanya Jadi Pemanis

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Agenda Solo Great Sale 2015 (Twitter.com/@GreatSoloSale)

Solo Great Sale, Pemkot diminta mendorong pelibatan aktif UMKM di SGS 2016.

Solopos.com, SOLO–DPRD Solo mendorong pelibatan aktif kalangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam Solo Great Solo (SGS) 2016. Keberadaan pengusaha kecil diharapkan tak hanya menjadi pemanis dalam event yang memasuki tahun kedua tersebut.

Advertisement

Ketua Komisi IV DPRD, Hartanti, saat ditemui wartawan di Gedung DPRD, Senin (11/1/2016), mengatakan gelaran SGS jangan sampai hanya menjadi monopoli pengusaha dan kalangan berduit. Menurut Hartanti, perlu peningkatan partisipasi UMKM asal Solo untuk menumbuhkan perekonomian rakyat secara riil.  “Tahun lalu kami lihat sudah ada beberapa UMKM yang dilibatkan dalam pameran. Tahun ini mestinya jumlah UMKM diperbanyak,” ujarnya.

Hartanti mengatakan panitia dapat bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo untuk menyeleksi UMKM yang khas dan layak promosi. Menurut dia, meningkatnya status SGS dari event tingkat kota menjadi event tingkat nasional dapat menjadi peluang pengembangan pasar bagi usaha kecil dan menengah. Mulai tahun ini SGS didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata.

“Dari ngudarasa dengan beberapa pengusaha, kami mendengar sudah banyak yang merasakan dampak riil penyelenggaraan SGS. Pengusaha mebel dan kayu banyak yang repeat order. Ke depan pengusaha kecil juga harus merasakan efek yang optimal,” kata dia.

Advertisement

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini juga mendorong adanya multiplier effect bagi kalangan wisata dan bisnis seiring penyelenggaraan SGS. Hartanti tak menampik gelaran tahun lalu cukup menggeliatkan sektor ekonomi seperti perhotelan.
Sejumlah hotel full booking saat acara. Dengan bantuan promosi skala nasional, dia menilai mestinya efek domino dari SGS lebih besar.

Seorang pelaku usaha yang terlibat dalam SGS, Ginda Ferachtriawan, menilai SGS mengalami peningkatan daya tarik setiap tahun. Dia mengatakan tahun ini banyak hadiah yang disebar untuk menarik kunjungan wisatawan ke Solo. Sebanyak satu rumah, satu mobil dan 10 sepeda motor telah disiapkan. Adapun SGS digelar mulai 1 Februari hingga 29 Februari mendatang.

“Selain diskon dari banyak pelaku usaha, banyak pula doorprize yang menunggu,” ujar Ketua Asosiasi Perusahaan dan Praktisi Periklanan Solo (Asppro) itu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif