News
Senin, 11 Januari 2016 - 20:00 WIB

RAKERNAS PDIP 2016 : Ini Jawaban JK Atas Kritik Megawati

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Rakernas PDIP 2016 menjadi momen bagi Megawati Soekarnoputri untuk mengkritik pemerintah, termasuk sinyal keinginannya akan kembalinya GBHN.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai pemerintahan saat ini sudah menjalankan kebijakan sesuai dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional.

Advertisement

Hal itu disampaikan menanggapi kritik Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam pidato rapat kerja nasional (Rakernas) partai, Minggu (10/1/2016). Dia menilai setiap pergantian pemerintahan, kebijakan pembangunanpun selalu berubah. “Kan kita juga ada rencana pembangunan jangka panjang 25 tahun, setiap pemerintahan mengikuti rancangan itu,” ujarnya, Senin (11/1/2016).

Menurut JK, pemerintah memang membuat inovasi kebijakan setiap tahun demi merealisasikan pembangunan. Namun, hal itu tidak keluar dari rencana jangka panjang sesuai aturan undang-undang.

Dalam pidatonya, Megawati juga berpendapat Indonesia harus mempunyai konsep pembangunan nasional jangka panjang, bahkan hingga 100 tahun ke depan. Caranya dengan mengembalikan fungsi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk mengatur Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Advertisement

Menjawab hal itu, JK mengatakan perubahan besar itu harus melalui pembicaraan antara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), MPR, dan pemerintah. “Ya tergantung DPR, MPR, Pemerintah. itu nanti harus dibicarakan karena itu harus mengamandemen UUD,”ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif