News
Senin, 11 Januari 2016 - 02:10 WIB

PERANG AFGHANISTAN : 4 Negara Bertemu Bahas Upaya Perdamaian

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peta wilayah Afghanistan (aljazeera.com)

Perang Afghanistan diharapkan akan berhenti menyusul pertemuan empat negara di Islamabad.

Solopos.com, ISLAMABAD – Pejabat dari Afghanistan, Pakistan, Tiongkok, dan Amerika Serikat (AS) bakal bertemu di Islamabad untuk membahas kelanjutan upaya perdamaian di Afghanistan, Senin (11/1/2016).

Advertisement

Kelompok militan Taliban yang ingin menggulingkan pemerintahan Afghanistan telah meningkatkan serangan mereka tahun lalu. Afghanistan berjuang lebih keras setelah sebagian besar pasukan asing meninggalkan negara itu akhir 2014.

Seorang pejabat di Pakistan seperti diberitakan Reuters, mengatakan Wakil Menter Luari Luar Negeri Afghanistan, Hekmat Karzai bakal hadir dalam pertemuan hari ini. Proses pembicaraan damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban untuk mengakhiri 14 tahun peperangan terhenti  tahun lalu.

Pada satu sisi, serangan pembom bunuh terjadi di Kabul menjelang upaya baru untuk memulai kembali pembicaraan damai ini. Serangan pada, Senin (4/1/2016), tersebut ditambatkan tak jauh dari bandara.

Advertisement

Lebih dari 3.180 orang tewas dalam kericuhan yang terjadi di Afghanistan pada 2015. Pakistan menjadi tuan rumah pertemuan resmi pertama antara Taliban dan pemerintah Afghanistan, pada 7 Juli lalu. Pertemuan itu berakhir dengan kesepakatan untuk bertemu lagi setelah Ramadan, namun pembicaraan tersebut ditunda.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif