Soloraya
Minggu, 10 Januari 2016 - 21:16 WIB

WISATA KLATEN : Kian Mocer, Umbul Ponggok Wisata Desa Kini Beromzet Rp5 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisatawan sedang menikmati keindahan bawah air di umbul Ponggok, Polanharjo, Klaten, Senin (13/1/2014). Keindahan bawah air di beberapa umbul (mata air) di Klaten mempunyai potensi yeng cukup besar untuk dikembangkan sebagai obtek wisata. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Wisata Klaten, Umbul Ponggok kini kian moncer.

Solopos.com, KLATEN – Pendapatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri, Desa Ponggok, Polanharjo, selama 2015 mencapai hampir Rp5 miliar. Pendapatan itu diperoleh salah satunya dari pengelolaan Umbul Ponggok.

Advertisement

Sekretaris Desa (Sekdes) Ponggok, Yani Setiyadi, mengatakan BUMDes pada 2015 ditarget meraih pendapatan Rp3,8 miliar. “Untuk capaiannya hingga Desember kemarin Rp4,7 miliar atau hampir Rp5 miliar. Yang terbesar memang dari pengelolaan Umbul Ponggok,” urai dia saat berbincang dengan Solopos.com Minggu (10/1/2016).

Dari pendapatan tersebut, sebagian dana masuk ke kas desa. Sementara, sisanya digunakan untuk pengembangan unit usaha BUMDes, gaji karyawan, hingga kesejahteraan warga setempat.

“Dari pendapatan itu sekitar 30 persen masuk ke kas desa. Lainnya untuk pengembangan BUMDes, untuk SHU karyawan, komisaris, dan pengurus,” urai dia.

Advertisement

Yani mengatakan pendapatan yang dikembalikan ke masyarakat diantaranya berupa pemberian uang lauk pauk kepada warga jompo, santunan yatim piatu, hingga jaminan kesehatan bagi warga yang belum terkaver jaminan kesehatan nasional serta jaminan kesehatan daerah.

“Ini sudah berjalan sejak awal. Dalam implementasi UU Desa, semua desa diharapkan membentuk BUMDes. Kalau desa membentuk BUMDes, tentu pendapatan yang diperoleh otomatis kembali ke rakyat unutk kesejahteraan,” ujar dia.

Ditemui beberapa waktu lalu, Koordinator Lapangan Umbul Ponggok, Solikhin, mengatakan wisata air Umbul Ponggok makin dikenal luas warga hingga ke luar Jawa. Ia mengatakan ada rombongan keluarga dari Riau yang sengaja datang lantaran penasaran dengan pemandangan bawah air umbul tersebut.

Advertisement

Tingginya warga yang datang ke umbul itu mendongkrak pendapatan bersumber dari retribusi masuk lokasi serta penyewaan alat. “Untuk target BUMDes 2015 Rp3,8 miliar. Target itu sudah terpenuhi bahkan lebih,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif