Jateng
Sabtu, 9 Januari 2016 - 05:50 WIB

PILKADA SEMARANG : KPU Belum Bisa Pastikan Pelantikan Hendi-Ita

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (tengah) dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Kiri). (JIBI/Antara Foto/R. Rekotomo)

Pilkada Semarang dimenangi pasangan Hendrar Prihadi (Hendi) dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita).

Semarangpos.com, SEMARANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang belum bisa memastikan jadwal pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang terpilih pilkada serentak 9 Desember 2015.

Advertisement

Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono mengatakan pelantikan masih menunggu surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Kami sudah menyampaikan laporan hasil penetapan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang terpilih kepada DPRD Kota Semarang,” katanya kepada semarangpos.com, Jumat (8/1/2016).

DPRD Kota Semarang, lanjut dia, nantinya melalui Gubernur Jawa Tengah mengajukan permohonan pengesahan penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih pilkada serentak 9 Desember 2015 kepada Mandagri.

Advertisement

Kalau tidak ada sengketa hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) ke Mahkamah Konsitusi (MK), sambung Henry pelantikan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang akan dilakukan antara Maret-April 2016.
“Tapi kapan pastinya pelantikan, kami masih menunggu dari Mendagri,” tandasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Kota Semarang, pasangan Hendrar Prihadi (Hendi) dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) yang diusung PDIP, Partai Demokrat dan Partai Nasdem meraih suara terbanyak 320.745 suara.

Mengungguli dua pasangan calon lainnya yakni Soemarmo-Zuber Safawi yang meraih 220.745 suara dan Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso yang meraih 149.712 suara.
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi menyatakan telah mengirimkan permohonan pengesahan penetapan pasangan calon wali kota dan waki wali kota terpilih kepada Kementerian Dalam Negeri akhir Desember 2015.

Advertisement

Dia berharap pelantikan bisa dilaksanakan secepatnya, agar Wali Kota Semarang terpilih dapat langsung menjalankan program kerja yang telah dijanji saat kampanye.

“Berharap pelantikan dapat dilakukan pada Maret 2016,” harap Supriyadi yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang ini.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif