Otomotif
Sabtu, 9 Januari 2016 - 00:10 WIB

BURSA MOBIL : Penjualan Lesu, Mitsubishi Tutup Pabriknya di AS

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pabrik Mitsubishi di AS. (Autonews.com)

Bursa mobil Amerika Serikat dinilai kurang menguntungkan bagi Mitsubishi.

Solopos.com, TOKYO – Mitsubishi mengumumkan segera menutup satu-satunya pabrik produksinya di Illinois, Amerika Serikat (AS). Penutupan itu merupakan imbas dari lesunya penjualan Mitsubishi di bursa mobil Negeri Paman Sam.

Advertisement

Dilansir laman Inautonews, Jumat (8/1/2016), Mitsubishi mengumumkan keputusan mengejutkan itu lewat surat kabar Jepang, Nikkei, Kamis lalu. Pabrik itu rupanya sudah dijual Mitsubishi sejak akhir tahun lalu namun belum ada yang berminat.

”Kami sudah menyerah mencari perusahaan mobil untuk membeli pabrik ini, tetapi kami sedang mencoba mencari pembeli dari bidang industri lain,” tulis Mitsubishi.

Sebagai informasi, pabrik tersebut digunakan Mitsubishi untuk memproduksi crossover Outlander dan suku cadang mobil tipe lain. Tetapi aktivitas produksi sudah dikurangi sejak Mei 2015 dan benar-benar dihentikan November lalu.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Autoevolution, Mitsubishi juga mengumumkan telah menjual lima juta unit mobil di AS, per pekan lalu. Terdengar banyak? Sebenarnya tidak juga.

Untuk ukuran pabrikan asal Jepang, angka itu termasuk paling sedikit. Sebab butuh waktu sangat panjang bagi Mitsubishi untuk mencatatkan hasil penjualan tersebut, yakni sejak 1982 silam atau lebih dari 30 tahun.

Sebagai informasi, sebelum menutup pabrik di AS, Mitsubishi sudah terlebih dahulu menutup pabriknya di Belanda. Kabarnya, basis produksi mobil Mitsubishi akan dipusatkan di Jepang, Asia Tenggara, dan Rusia.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif