Jateng
Rabu, 6 Januari 2016 - 16:50 WIB

BENCANA JATENG: Hanya 8 Menit, Puting Beliung Hancurkan 23 Rumah di Kendal

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rumah rusak diterjang puting beliung (Dok/JIBI/Solopos)

Bencana alam puting beliung di wilayah Jateng memporakporandakan rumah warga.

Semarangpos.com, KENDAL – Dahsyatnya angin puting beliung yang menerjang wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (6/1/2016) pagi, memporakporandakan puluhan rumah warga. Setidaknya ada 23 rumah milik warga yang terletak di Dusun Jurangbrengos, Desa Merbuh, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, yang menjadi korban amukan angin puting beliung tersebut.

Advertisement

Bahkan, sebanyak tujuh rumah mengalami kerusakan parah karena tertimpa pohon besar. Sementara, ratusan pohon karet milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Sembilan Merbuh, juga tumbang dan rusak.

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kerusakan parah akibat terjangan puting beliung, ada di RT 1 RW 5 Dusun Jurangbrengos, Desa Merbuh. Pohon berukuran besar tumbang dan menimpa sejumlah rumah. Tidak hanya itu, angin kencang juga menerbangkan genteng rumah warga.

Advertisement

Kapolsek Singorojo, AKP Suwarso, yang mengecek ke lokasi kejadian mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini sementara
kerugian masih didata.

“Kerugian masih didata, namun ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” ungkap Suwarso dilansir Okezone.com, Rabu (6/1/2015).

Sementara itu menurut warga, angin berhembus kencang sekitar delapan menit usai bujan lebat yang disertai petir. “Tiba-tiba angin dari arah timur beputar dan menumbangkan pohon-pohon besar. Sejumlah rumah yang rusak, akibat tertimpa pohon berukuran besar yang tumbang,” ujar Kusnanto, warga sekitar. Sementara warga yang rumahnya rusak, terpaksa mengungsi ke tetangga yang tidak mengalami kerusakan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif