Otomotif
Selasa, 5 Januari 2016 - 12:00 WIB

TIPS OTOMOTIF : Liburan Berakhir, Jangan Lupa Cek Kaki-Kaki Mobil Anda

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi roda mobil. (Carwale.com)

Tips otomotif kali ini tentang bagian mobil yang perlu dicek setelah perjalanan jauh.

Solopos.com, JAKARTA – Tips otomotif seusai menempuh perjalanan jauh selama libur Natal dan Tahun Baru, sebaiknya pemilik mobil melakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki mobil.

Advertisement

Manajer Servis Suzuki PT Sejahtera Buana Trada, Santoso, mengatakan jalanan yang tidak rata dan kontur naik-turun menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada kaki-kaki mobil. Terlebih jika dalam perjalanan mobil kerap menghajar lubang.

”Habis perjalanan jauh, 60 persen masalah dan kerusakan mobil ada pada kaki-kaki seperti shockbreaker,” ungkap Santoso sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Detik, Senin (4/1/2016).

Tips otomotif selanjutnya adalah mengecek oli mesin dan pelumas komponen-komponen lain pada mobil. Meski oli sudah diganti sebelum liburan, bisa saja usia pakainya sudah tidak layak dan kondisinya kotor akibat mobil sering terjebak macet terlalu lama.

Advertisement

”Pengecekan lainnya setelah mudik seperti ganti oli. Apalagi kemarin kan habis macet-macetan pas liburan,” imbuh dia.

Dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber lain, bagian mobil yang tak kalah penting untuk diperhatikan setelah perjalanan jauh adalah air aki, air radiator, kanvas rem, kanvas kopling beserta pelumasnya, dan tekanan angin pada ban.

Selain itu coba cermati mobil Anda mengeluarkan suara-suara tidak wajar atau tidak. Akan lebih baik jika Anda juga mencuci mobil untuk membersihkan cipratan lumpur yang mengering di bodi dan bagian kolong.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif