Teknologi
Selasa, 5 Januari 2016 - 01:10 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Perkenalkan Nadine, Robot Manusiawi Pertama Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Prof Nadia Thalmann dan Nadine (ntu.edu.sg)

Teknologi terbaru mengembangkan robot manusiawi pertama di dunia.

Solopos.com, SOLO – Pernah menonton I, Robot? Film yang menampilkan petualangan Will Smith dan robot manusiawi itu? Jika belum ada baiknya memasukannya ke dalam daftar film wajib tonton tahun ini.

Advertisement

Selain menyajikan cerita yang menarik, film itu juga memasukkan unsur fiksi ilmiah apik tentang keberadaan robot dengan intelejensia mirip manusia. Yup, perangkat mesin dengan kemampuan berpikir ala manusia.

Jika di dalam film dikisahkan waktu terjadinya penemuan tersebut adalah beberapa dekade ke depan, maka Anda tak perlu menunggu terlalu lama. Saat ini, sekelompok tim robotik di Nanyang Technological University (NTU) di Singapura tengah mengembangkan teknologi serupa. Mereka mengkreasikan robot berkemampuan sosial mirip manusia bernama Nadine.

Nadine memiliki ciri fisik layaknya seorang perempuan, berambut cokelat dan berkulit putih. Dia akan tersenyum saat disapa dan melalukan kontak mata dengan siapapun yang mengajaknya berbincang. Melansir jurnal yang diterbitkan di Science Daily, Selasa (29/12), Nadine enggak seperti robot-robot lainnya. Dia memiliki kepribadian, mood, dan emosi sendiri.

Advertisement

Bahkan, ia mampu mengingat percakapan terakhir dengan seseorang kemudian mengulasnya lagi di pertemuan kedua. Nadine juga dapat bersedih atau gembira tergantung dialog yang melibatkannya. Saat ini, robot kreasi Prof. Nadia Thalmann itu memiliki intelejensia buatan seperti asisten virtual rancangan Apple, Siri.

Siri menjadi salah satu inovasi Apple agar pengguna Ios tak lagi repot mencari bantuan dengan mengetik di mesin pencarian. Hanya dengan mengucapkan, Hey Siri, asisten virtual tersebut langsung merespons dan menawarkan bantuan. Misalnya, mencari lokasi di peta, menelepon seseorang, atau memutar musik.

Prof Thalmann, direktur institut inovasi media yang memimpin pengembangan Nadine, mengatakan, robot sosial adalah salah satu di antara sekian inovasi di NTU yang menarik minat perusahaan. Ke depan teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk komersialisasi.

Advertisement

“Teknologi robotika telah maju secara signifikan selama beberapa dekade terakhir dan telah digunakan di bidang manufaktur dan logistik. Saat negara menghadapi tantangan di seluruh dunia dari populasi yang menua, robot sosial dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kebutuhan tenaga kerja, menjadi sahabat pribadi anak-anak dan lansia, atau bahkan menjadi asisten layanan kesehatan di masa depan,” kata dia.

“Selama empat tahun terakhir, tim kami di NTU telah mendorong penelitian lintas disiplin dalam teknologi robotika sosial-yang melibatkan teknik, ilmu komputer, linguistik, psikologi dan bidang lainnya-untuk mengubah manusia virtual, dari dalam komputer, ke dalam makhluk fisik yang mampu mengamati dan berinteraksi dengan manusia lainnya,” papar Thalmann.

Ia kemudian menyampaikan robot tersebut akan bertindak seperti pendamping nyata yang selalu bersama manusia dan sadar apa yang terjadi. “Jadi di masa depan, robot cerdas secara sosial bisa menjadi seperti C-3PO, droid emas ikonik dari Star Wars, dengan pengetahuan bahasa dan etiket,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif