News
Selasa, 5 Januari 2016 - 12:21 WIB

MAHASISWA UGM : Mahasiswa UGM Rintis Konsultasi Dokter Hewan Online

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tiga Mahasiswa UGM, Muhammad Nuriy Nuha Naufal, Ibnu Mahmudin dan Nanang Makfi yang menemukan dokterhewanku.com saat menunjukkan website dokterhewanku.com di Kampus UGM, Senin (4/1/2015). (Joko Nugroho/JIBI/Harian Jogja)

Mahasiswa UGM ini merintis website untuk konsultasi hewan gratis

Harianjogja.com, SLEMAN — Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Muhammad Nuriy Nuha Naufal dan Ibnu Mahmudin serta Nanang Makfi Mubarok dari Fakultas Teknik UGM mengambangkan jasa konsultasi dokter hewan secara online.

Advertisement

Menurut Naufal yang juga CEO Jasa Konsultasi Dokter Hewan Online mengatakan web dokterhewanku.com ini dibuat untuk memudahkan masyarakat terutama pemilik hewan peliharaan atau hewan kesayangan dalam berkonsultasi dengan dokter hewan.

“Melalui web ini kami berharap bisa menghubungkan dokter hewan dengan pemilik hewan tanpa batasan ruang dan waktu lagi. Sebab terkadang dokter tidak bisa ditemui sewaktu-waktu,” kata Naufal dalam rilis Humas UGM, Senin (4/1/2015).

Advertisement

“Melalui web ini kami berharap bisa menghubungkan dokter hewan dengan pemilik hewan tanpa batasan ruang dan waktu lagi. Sebab terkadang dokter tidak bisa ditemui sewaktu-waktu,” kata Naufal dalam rilis Humas UGM, Senin (4/1/2015).

Naufal menambahkan website ini dapat diakses melalui laptop maupun smartphone. Di samping itu, semua fitur dalam website dapat diakses secara gratis oleh pemilik hewan.

“Sejauh ini sudah berjalan dan ada lebih dari 100 pengguna dokterhewanku.com yang merupakan pemilik hewan kesayangan,” jelas Naufal.

Advertisement

Mereka yang dapat memberikan konsultasi merupakan dokter hewan yang telah mendaftar dalam layanan jasa online ini. Hal ini untuk memudahkan klien mendapatkan jawaban dari dokter-dokter hewan yang berkompeten di bidangnya.

“Meskipun, pertanyaan yang masuk terkadang lucu. Misalnya ada seorang ibu yang bertanya, kenapa kok kucingnya sering menggeleng-gelengkan kepalanya sendiri?” jelas Naufal yang baru saja dilantik sebagai dokter hewan.

Dokter yang tergabung di sini tetap dituntut menjalankan layanan konsultasi dengan memegang etika sebagai dokter hewan, yakni tidak boleh menuliskan atau memberikan resep jenis obat beserta dosisnya. Sementara untuk kasus-kasus yang membutuhkan tindakan medis, pihaknya langsung memberikan rujukan ke klinik hewan terdekat.

Advertisement

Selain jasa konsultasi hewan online, website dokterhewanku.com  ini juga berisi artikel-artikel seputar kesehatan hewan. Mereka secara rutin mempublikasikan artikel-artikel seputar kesehatan hewan.

“Hal ini sebagai salah satu upaya mengedukasi pemilik hewan peliharaan terkait cara merawatnya dengan baik dan benar,” jelas Ibnu.

Penemu dokterhewanku.com yang lain, Ibnu Mahmudin mengatakan website ini telah berhasil mengajak 10 dokter hewan untuk ikut aktif menulis, meskipun masih bersifat sukarela. Bersama dokter-dokter hewan itu mereka juga telah menggagas adanya Gerakan Dokter Hewan Menulis.

Advertisement

“Harapannya, ke depan dokter hewan senjatanya bukan lagi hanya jarum suntik, tapi juga ujung pena,” kata ibnu.

Saat ini ketiga mahasiswa UGM ini terus berupaya mengembangkan layanan konsultasi dokter hewan online ini. Berbagai fitur baru dan bermanfaat bagi pemilik hewan terus dikembangkan dalam website ini.

“Kami akan terus mengembangkan website ini. Semoga bisa memberikan lebih banyak manfaat bagi masyarakat terutama pemilik hewan kesayangan,” kata Ibnu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif