News
Senin, 4 Januari 2016 - 20:00 WIB

PEMBOBOLAN BAGASI PESAWAT : Libatkan Orang Dalam, Pembobol Bagasi Lion Air Beraksi 13 Kali Setahun

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Pembobolan bagasi pesawat Lion Air melibatkan pegawai maskapai itu sendiri dan porter.

Solopos.com, JAKARTA — Polda Metro Jaya sukses membongkar komplotan pencurian barang-barang penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten. Dua pegawai sekuriti maskapai Lion Air dan dua orang porter ditangkap dalam sebuah operasi di area ground handling terminal 1C Bandara Soekarno Hatta, Senin (4/1/2016).

Advertisement

“Terhadap ke-4 tersangka sudah dilakukan penahanan untuk proses penyidikan lebih lanjut,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Mohammad Iqbal.

Iqbal mengemukakan para tersangka mengakui telah melakukan aksi pencurian sebanyak 13 kali dalam kurun waktu setahun terakhir. “Kami juga menyita delapan handphone dan uang Rp200.000. Tersangka dijerat pasal 363 KUHP,” tegasnya.

Sementara itu, PT Angkasa Pura II akan melakukan koordinasi dengan maskapai untuk memastikan keamanan bandara, terutama yang dikelola perseroan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Senior General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Zulfahmi mengatakan perseroan siap membantu para maskapai dalam penanganan pembobolan bagasi.

Advertisement

Salah satu cara yang ditempuh, yakni melalui pemantauan CCTV selama 24 jam. “Saat ini, pembenahan penanganan bagasi dan keamanan di Bandara Soekarno Hatta dilakukan dengan cara diperketatnya keamanan, melalui pemantauan CCTV selama 24 jam,” tuturnya di Jakarta, Senin (4/1/2016).

Zulfahmi menegaskan perseroan siap menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi penumpang pesawat, terutama terkait keamanan bagasi. Menurutnya, perseroan juga akan berkoordinasi dengan pihak ground handling.

Seperti diketahui, tertangkapnya oknum pembobol bagasi penumpang pada November 2015 di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng merupakan hasil koordinasi antara unit pengamatan CCTV, Aviation Security Bandara, dan dengan Polres Bandara Soekarno-Hatta.

Advertisement

Zulfahmi menambahkan Angkasa Pura II berterimakasih kepada seluruh pemangku kepentingan, yang telah mendukung terciptanya keamanan bagasi penumpang pesawat, sekaligus mewujudkan SMILE Airport di Bandara Soekarno-Hatta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif