Soloraya
Senin, 4 Januari 2016 - 19:30 WIB

JALAN RUSAK BOYOLALI : Jalan Sekitar Bandara Adi Soemarmo Rusak, Pemprov Jateng Kucurkan Rp15 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga jalan-jalan di jalan tol Solo-Kertosono pada pagi bulan Ramadan 2015, Minggu (21/6/2015). (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Jalan rusak di Boyolali segera diperbaiki dengan dana miliaran rupiah dari Pemprov Jateng.

Solopos.com, BOYOLALI — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng mengucurkan dana senilai Rp15 miliar yang bersumber dari APBD provinsi 2016. Anggaran sebesar itu dipakai untuk memperbaiki jalan menuju Bandara Adi Soemarmo Solo, Ngemplak, Boyolali.

Advertisement

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU dan ESDM) Boyolali, M. Qodri, mengatakan ada sebanyak lima ruas jalan berstatus jalan milik kabupaten dan provinsi menuju bandara yang akan diperbaiki tahun ini. Lima jalan itu yakni jalan Mangu-Ngemplak, Mangu-Tanjungsari, Tanjungsari-Sawahan, Donohudan-Sawahan, dan Embarkasi-Gorongan.

“Kelima ruas jalan itu semuanya berada di wilayah Kecamatan Ngemplak, Boyolali,” ujar Qodri saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (4/1/2016).

Qodri mengatakan perbaikan jalan itu lebih diprioritaskan jalan-jalan yang rusak parah. Perbaikan nanti dilakukan dengan cara mengganti aspal jalan yang lama dengan yang baru. Perbaikan itu dimulai awal Maret setelah melalui serangkaian proses mulai dari koordinasi, penetapan, perencanaan, dan pelaksanaan lelang.

Advertisement

“Kelima ruas jalan yang rusak menuju bandara itu panjangnya berbeda-beda. Pekerjaan perbaikan jalan itu nantinya dilakukan secara bertahap,” kata dia.

Menurut dia, perbaikan kelima ruas jalan tersebut sangat mendesak terlebih selama ini banyak pengguna jalan yang melewati jalan itu mengeluhkan kondisi jalan yang penuh dengan lubang. Dari kelima ruas jalan yang akan diperbaiki, tiga di antaranya bakal diutamakan, yakni ruas jalan raya Tanjungsari-Sawahan, Gagaksipat-Donohudan, dan Embarkasi-Gorongan.

“Dua ruas jalan lainnya kemungkinan besar baru bisa dikerjakan setelah pembahasan APBD-Perubahan 2016,” kata dia.

Advertisement

Penjabat (Pj) Bupati Boyolali, Sri Ardiningsih, mengatakan perbaikan akses menuju bandara sangat penting dilakukan karena kaitannya dengan daya saing bandara. Bandara Adi Soemarmo, kata dia, selalu dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terutama ketika mudik ke Solo sehingga infrastruktur di kawasan bandara harus diperbaiki.

Perbaikan 5 Jalan Menuju Bandara Adi Soemarmo:
1. Jalan raya Mangu-Ngemplak, panjang 4,6 km, dana Rp6 miliar
2. Jalan raya Mangu-Tanjungsari, panjang 1,7 km, dana Rp2,5 miliar
3. Jalan raya Tanjungsari-Sawahan, panjang 2,5 km, dana Rp3,3 miliar
4. Jalan raya Donohudan-Gagaksipat, panjang 1,8 km, dana Rp2 miliar
5. Jalan raya Asrama Haji-Gorongan, panjang 1 km, dana Rp1,1 miliar

Sumber: DPU dan ESDM

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif