Lifestyle
Minggu, 3 Januari 2016 - 17:45 WIB

TIPS SUKSES : Keajaiban Bangun Pagi Tingkatkan Kualitas Hidup

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi olaraga pagi hari (www.hfmagazineonline.com)

Tips sukses dari Hal Elrod salah satunya adalah bangun pagi.

Solopos.com, SOLO – Salah satu kunci sukses yang dapat meningkatkan kualitas hidup menurut penulis buku The Miracle Morning, Hal Elrod, adalah bangun pagi.

Advertisement

Tak hanya itu, ia juga membeberkan enam hal yang rutin ia lakukan setiap hari. Enam hal ini adalah bagian dari kunci sukses Elrod, seperti dilansir Antara dari Telegraph.co.uk:

Diam
Diam misalnya sembari memanjatkan doa, melakukan meditasi atau bernafas dalam-dalam, secara perlahan akan mengurangi stres. Di samping itu, hal ini juga bisa meningkatkan kepekaan diri dan membantu Anda fokus pada tujuan serta hal-hal yang menjadi prioritas.

Advertisement

Diam
Diam misalnya sembari memanjatkan doa, melakukan meditasi atau bernafas dalam-dalam, secara perlahan akan mengurangi stres. Di samping itu, hal ini juga bisa meningkatkan kepekaan diri dan membantu Anda fokus pada tujuan serta hal-hal yang menjadi prioritas.

Penting bagi Anda untuk tidak melakukannya di atas ranjang. Sebaiknya bangunlah dari ranjang, pindah ke ruang lain dan duduk nyaman.

Pikirkan yang Diinginkan dan Menguatkan Tekad
Pikirkan dan tegaskan dalam diri soal hal-hal yang ingin anda capai misalnya tentang apa yang paling Anda inginkan dan capai dalam hidup? Selanjutnya, tuliskan alasan mengapa Anda begitu menginginkannya? Bila perlu sebutkan orang-orang yang anda rasa bisa membantu Anda mewujudkan keinginan Anda. Tegaskan dalam diri untuk mencapai keinginan itu perlahan-lahan dan bangunlah komitmen kuat.

Advertisement

Setelah itu, pikirkan hal yang perlu dilakukan untuk mencapai impian itu misalnya berolahraga, belajar, menulis, bekerja dan sebagainya. Lakukanlah hal-hal yang anda perlu lakukan dengan percaya diri dan nikmatilah prosesnya.

Lakukan Aktivitas Fisik
Lakukanlah aktivitas fisik selama beberapa menit (para ahli kesehatan menyarankan minimal 30 menit per hari), setiap pagi, untuk meningkatkan energi, kesehatan, kepercayaan diri dan kesejahteraan emosi. Bahkan, 10 menit melakukan aerobik atau yoga saja bisa membuat perubahan besar pada diri Anda.

Perbanyak Membaca
Membaca adalah cara paling cepat memperoleh pengetahuan, ide dan strategi yang Anda perlukan untuk memanfaatkan potensi Anda. Kuncinya adalah belajar dari orang-orang yang telah berhasil mencapai impiannya (terutama bila impian itu sama dengan Anda).

Advertisement

Apa pun impian Anda, bacalah buku untuk tahu bagaimana mencapainya. Buatlah tekad dalam diri untuk membaca minimal 10 halaman per hari.

Tulis Impian Anda
Menuliskan keinginan bisa membuat anda mendapatkan pencerahan dan mengetahui kemajuan apa yang telah Anda capai. Mulailah menulis capaian-capaian Anda, impian, hal-hal yang Anda jadikan pelajaran atau apa pun.

Lantas bagaimana cara agar kita bangun lebih awal. Berikut lima langkah untuk bisa bangun pagi hari menurut Elrod:

Advertisement

1.Buatlah komitmen dalam diri untuk bangun pagi. Lakukan setiap malam menjelang tidur.
2. Nyalakan alarm dan tempatkan agak menjauh dari ranjang. Usaha anda mematikan alarm saat berdering bisa menciptakan energi untuk bangun.
3. Sikat gigi.
4. Minum segelas air. Saat Anda merasa lelah, hal yang dibutuhkan adalah lebih banyak air minum, bukan tidur lebih panjang.
5. Olahraga minimal 10 menit dan mandi setelahnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif