Soloraya
Sabtu, 2 Januari 2016 - 20:09 WIB

LIBURAN AKHIR TAHUN : Tiket KA Solo-Jakarta-Bandung Ludes, Begini Antrean di Balapan Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh menunggu kedatangan kereta di lantai Stasiun Balapan Solo, Sabtu (2/1/2016). (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)

Liburan akhir tahun berakhir. Tiket KA jadi sasaran warga yang akan kembali ke tempat mereka bekerja.

Solopos.com, SOLO — Tiket kereta api (KA) jarak jauh jurusan Solo-Jakarta dan Solo-Bandung semua kelas dipastikan telah habis dipesan oleh penumpang hingga Minggu (3/1/2016). Termasuk tiket untuk kereta api tambahan yang telah beroperasi sejak Minggu (27/12/2015) tahun lalu.

Advertisement

Sementara, berdasarkan pantauan Solopos.com dari website resmi PT KAI di tiket.kereta-api.co.id, Sabtu (2/1/2016), jumlah kursi yang tersisa untuk KA jarak jauh hingga Rabu (6/1/2016) hanya sedikit. Penumpang KA mulai berkurang pada Kamis (7/1/2016).

Kenaikan jumlah penumpang ini menyusul arus balik libur sekolah, natal dan tahun baru yang diprediksi puncaknya terjadi hari ini.

Advertisement

Kenaikan jumlah penumpang ini menyusul arus balik libur sekolah, natal dan tahun baru yang diprediksi puncaknya terjadi hari ini.

Menurut pantauan Kepala Stasiun Solo Balapan, Budi Santosa, Sabtu (2/1),  pemesanan tiket KA terutama kelas bisnis dan eksekutif yang diberangkatkan dari Solo Balapan mulai ramai sejak, Minggu (20/12) tahun lalu.

Penumpang jarak jauh datang dan pergi dari arah Solo-Jakarta, Solo-Bandung dan sebaliknya. Semua kursi selalu terisi selama musim liburan kali ini. Termasuk semua kereta tambahan yang hanya beroperasi hingga hari ini.

Advertisement

Tahun ini mencapai 500 lebih penumpang per hari untuk semua armada. Padahal di hari biasa hanya sekitar 200-300 orang per hari.

Kereta Jarak Dekat

Kendati demikian, kenaikan jumlah penumpang jarak jauh ini berbanding terbalik dengan kereta jarak dekat seperti Prameks atau Madiun Jaya. Jumlah penumpang untuk kereta jarak dekat pada weekend pekan ini justru menurun 10%.

Advertisement

 

Puncaknya terjadi sekitar pertengahan pekan ini. “Setelah tanggal 1 [Jumat (1/1)] penumpang untuk jarak dekat justru turun 10%. Padahal biasanya sampai antre,” Budi.

Sementara berdasarkan pantauan Solopos.com, Stasiun Balapan dipadati para calon penumpang. Stasiun penuh hingga para penumpang menunggu di lantai dan luar gedung bangunan. Sementara di Stasiun Jebres hanya ramai saat jam-jam tertentu menjelang jadwal pemberangkatan.

Advertisement

Saking ramainya bahkan banyak penumpang yang mau menunggu di emperan demi selembar tiket. Salah satunya Endang. Perempuan asal Boyolal ini telah mengantre pembelian tiket KA jurusan Solo-Purworejo sejak Pukul 11.30 WIB. Padahal jadwal pemberangkatan baru Pukul 15.30 WIB. “Saya takut kehabisan tiket soalnya. Makanya ini saya ngalahi,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif