Otomotif
Jumat, 1 Januari 2016 - 06:40 WIB

Rem Motor Berbunyi? Ini Penyebab dan Bahayanya

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rem cakram mobil. (Caranddriver.com)

Rem motor Anda sering kali berbunyi? Saat seperti itu Anda harus mulai mengetahui penyebab dan bahayanya.

 

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Saat musim hujan seperti ini memang banyak masalah terutama pada rem motor yang berbunyi. Bunyi tersebut berdecit layaknya tikus-tikus bandel di rumah.

Lantas, apa sih penyebabnya? Berikut penjelasannya :

Yang pertama adalah usia. Rem buatan pabrik memiliki usia efektif, artinya seiring berjalannya waktu rem akan mulai mengalami berbagai masalah. Secara teori, bunyi berdecit itu timbul karena adanya gesekan antara dua benda yang keras dengan yang licin. Besar kemungkinan adalah kampas rem yang sudah aus. Untuk itu, Anda harus segera mengganti kampas remnya.

Advertisement

Nah, jangan pernah Anda menyepelekan hal ini karena dapat berakibat fatal. Apabila dibiarkan dan tetap digunakan dalam intensitas yang tinggi, maka bukan tidak mungkin pelat logam pada rem tersebut akan terus terkikis dan akibatnya bisa menimbulkan panas berlebih pada pengereman. Hal itu memicu terjadinya kecelakaan.

Cara paling bijaksana adalah mengganti kampas rem. Namun Anda pun juga harus selektif, pasalnya banyak kampas rem abal-abal yang dijual di pasaran. Untuk itu, Anda pun sebaiknya membeli kampas rem di dealer resmi, di samping kualitas lebih baik, Anda pun tidak kesulitan mencari, hanya tinggal datang langsung di dealer tersebut.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Berdecit Rem
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif