Soloraya
Jumat, 1 Januari 2016 - 21:30 WIB

APBD 2016 : Sejumlah Proyek Dikebut Rudy-Purnomo Pada 2016

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - F.X. Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo. (JIBI/Solopos/Dok.)

APBD 2016 Solo segera direalisasikan dengan dimulainya sejumlah proyek fisik di tahun pertama periode kedua Rudy-Purnomo.

Solopos.com, SOLO — Calon wali kota (cawali) terpilih F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy) menyiapkan sejumlah proyek pembangunan yang segera dikerjakan pada tahun pertama kepemimpinannya. Bahkan, pembangunan dan perbaikan jalan lingkungan di Kota Bengawan ditarget rampung tahun depan.

Advertisement

Rudy menyebutkan sejumlah proyek itu di antaranya pembangunan jembatan Tirtonadi, penataan kawasan Jl. Gatot Subroto, dan jembatan Sabrang Lor, Jebres. Selain itu, pembangunan dan perbaikan seluruh jalan lingkungan yang ditarget rampung tahun depan. Hal ini guna mendukung peningkatan perekonomian warga.

Menurut Rudy, anggaran sejumlah proyek telah diamankan melalui Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang ada di DPRD Solo. “Beberapa proyek pembangunan mendapatkan kucuran anggaran dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Tengah,” kata Rudy kepada Espos, Jumat (1/1/2016).

Rudy tetap memfokuskan pembangunan infrastruktur ke kawasan Solo utara. Salah satunya dengan rencana pembangunan jembatan Tirtonadi dan Sabrang Lor. Dikatakan Rudy, infrastruktur yang baik didorong mampu meningkatkan daya tarik wisata Solo. Peningkatan destinasi wisata ini nantinya dilakukan dengan merevitalisasi kebun binatang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Advertisement

Rudy juga akan meningkatkan pelayanan transportasi massal, meningkatkan kualitas dan kuantitas jalan dan jembatan, menata kawasan kumuh, merevitalisasi drainase kota, serta meningkatkan pembangunan infrastruktur yang ramah difabel. “Dan yang terpenting lagi adalah pengembangan kawasan Solo Utara. Kami akan menyediakan pula pemukiman bagi warga miskin, seperti rumah renteng, rusunawa yang diperbanyak, serta merevitalisasi rumah tidak layak huni,” katanya.

Pasangan petahana Rudy-Purnomo juga siap tancap gas menjalankan program kerja di bidang kesehatan dan pendidikan. Dua bidang itu menjadi fokus utama, selain pembangunan infrastruktur yang segera dikerjakan setelah resmi dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) periode 2015-2020. Namun demikian, ia tetap akan lebih dulu melihat postur APBD Kota Solo. Hal ini terkait dengan rencana program yang akan dilaksanakan lima tahun ke depan.

“Di bidang kesehatan selain integrasi program pemeliharaan kesehatan masyarakat Solo (PKMS) gold ke BPJS, juga kami siapkan DED pembangunan Rumah Sakit Daerah di Pasar Kliwon,” katanya.

Advertisement

Sementara di bidang pendidikan, Rudy akan memfokuskan program kerja disesuaikan dengan Nawacita Presiden Joko Widodo, yakni wajib belajar 12 tahun tanpa pungutan. Selain itu, Rudy mengatakan persoalan pengentasan kemiskinan akan menjadi program kerjanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif