Soloraya
Kamis, 31 Desember 2015 - 17:00 WIB

PJ. WALI KOTA SOLO MENINGGAL : Budi Yulistianto Resmi Gantikan Alm. Budi Suharto, Sekda Masih Kosong

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Budi Suharto (JIBI/Solopos/Dok)

Pj. Wali Kota Solo telah berganti. Budi Yulistianto resmi menggantikan Alm. Budi Suharto hari ini.

Solopos.com, SOLO — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, telah menetapkan Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Yulistianto, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Penjabat (Pj) Wali Kota Solo. Pergantian itu untuk mengisi kekosongan Pj Wali Kota Budi Suharto yang meninggal dunia, Rabu (30/12/2015).

Advertisement

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Hari Prihatno, Budi Yulistianto resmi menjabat sebagai Pj pada Kamis (31/12/2015) setelah mendapat Surat Keputusan (SK) Gubernur Jateng No. 131/90 tahun 2015. Surat tersebut diterimakan saat apel bersama di Balai Kota Solo, Kamis.

“Selepas melayat Pak Budi Suharto [Pj Wali Kota sebelumnya], kami diminta Gubernur Jateng ke Semarang. SK dari Gubernur Jateng kami ambil saat itu juga. Lalu, Kamis pagi, kami serahkan ke Pak Budi Yulis [Plt Sekda],” katanya saat dijumpai wartawan seusai rapat staf di Balai Kota, Kamis.

Sementara, untuk jabatan Sekda yang saat ini masih kosong, Hari menyatakan pengisiannya berdasarkan usulan dari Pj. yang baru. “Silakan tanya langsung ke Pak Budi Yulis. Dia yang mengusulkan Plt. Sekda yang baru ke Gubernur Jateng. Misalnya sementara ini masih kosong, tidak ada masalah. Yang penting Pj. Wali Kota sudah diisi,” tuturnya.

Advertisement

Terkait Sekda definitif, Hari menyatakan usulannya menunggu seusai pelantikan Wali Kota yang baru. Direncanakan, pengisiannya menggunakan sistem lelang jabatan. Mereka yang bisa mendaftar adalah semua pejabat eselon dua di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Terpisah, Plh. Pj. Wali Kota yang baru, Budi Yulistianto, siap melaksanakan tugas yang diamanahkan Gubernur Jateng. “Saya siap melanjutkan pekerjaan Pak Budi yang belum selesai. Saat ini yang utama adalah laporan pertanggungjawaban APBD 2015, RPJMD [rencana pembangunan jangka menengah daerah], dan persiapan SOTK [struktur organisasi dan tata kerja] baru,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis.

Terkait kekosongan Sekda, Budi Yulis mengusulkan Asisten Administrasi Sekda Solo Rakhmat Sutomo menjadi Plt Sekda. Jabatan Rakhmat sebagai Plt. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bappermas PP PA dan KB) akan diganti.

Advertisement

“Untuk mengisi kekosongan Sekda, kami mengusulkan Pak Rakhmat menjadi Plt Sekda. Jabatannya sebagai asisten sekda tetap berlaku, tetapi statusnya sebagai Plt Bappermas akan dicopot dan dirangkap Pak Widdi [Widdi Srihanto] yang kini menjadi Kepala BLH [Badan Lingkungan Hidup]. Ini hanya mengisi kekosongan sementara hingga pelantikan Wali Kota yang baru,” tutur Budi Yulistianto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif