Jateng
Rabu, 30 Desember 2015 - 13:50 WIB

TIKET KERETA API : Asyik, Tarif Sejumlah Kereta Api Turun Mulai 1 April

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Tiket kereta api (KA) sejumlah tujuan harganya akan diturunkan mulai April tahun depan.

Semarangpos.com, SEMARANG-PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang menyebutkan besaran tarif untuk sejumlah kereta api akan mengalami penurunan per 1 April 2016 dengan adanya subsidi pemerintah berupa public service obligation (PSO).

Advertisement

“Sebenarnya penurunan tarif KA ada dua tahap, pertama per 1 Januari 2016 khusus KA Kedungsepur relasi Stasiun Poncol Semarang-Stasiun Ngrombo Grobogan,” kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Gatut Sutiyatmoko di Semarang, Selasa (29/12/2015).

Untuk penurunan tarif per 1 April 2016, kata dia, dilakukan untuk beberapa KA, yakni KA Tegal Ekspres relasi Tegal-Jakarta dari Rp60.000-Rp75.000 menjadi Rp50.000, dan KA Maharani relasi Semarang-Surabaya dari Rp75.000-Rp90 .000 menjadi Rp50.000/tempat duduk.

“Untuk KA Tegal Ekspres dan KA Maharani, okupansinya selama ini rata-rata memang di atas 50 persen. Dengan adanya penurunan tarif itu minat masyarakat kian tinggi sehingga dimungkinkan [tingkat keterisian penumpang] bisa lebih tinggi lagi,” katanya.

Advertisement

Penurunan tarif rencananya juga akan dilakukan untuk KA Kertajaya yang melayani jurusan Surabaya-Jakarta, KA Tegal Arum relasi Tegal-Jakarta, dan KA Tawang Jaya relasi Semarang-Jakarta.

Namun, kata dia, penentuan besaran tarif seiring adanya subsidi PSO untuk ketiga KA ekonomi masih menunggu keputusan lebih lanjut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif