Jatim
Selasa, 29 Desember 2015 - 22:05 WIB

WISATA MAGETAN : PAD Telaga Sarangan Capai 101%

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung menunggang kuda sewaan di objek wisata Telaga Sarangan, Magetan, Jatim, Minggu (29/12/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Eric Ireng)

Wisata Magetan didukung Telaga Sarangan yang target pendapatan asli daerahnya telah melampaui target sebelum tahun berakhir.

Madiunpos.com, MAGETAN — Pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh dari omzet pos retribusi objek wisata Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur menjelang akhir tahun 2015 telah melampaui target yang ditetapkan untuk tahun berjalan.

Advertisement

Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Diparbudpora) Magetan Siran, di Magetan, Senin (28/12/2015), mengatakan target PAD dari sektor pariwisata di Telaga Sarangan untuk tahun 2015 ditetapkan senilai Rp6 miliar. “Hingga pertengahan bulan Desember 2015, perolehan retribusi dari objek wisata Telaga Sarangan sudah mencapai 101%,” ujar Siran kepada wartawan.

Menurut dia, perolehan PAD dari retribusi wisata Telaga Sarangan masih akan terus bertambah, mengingat saat ini masih ada momentum libur Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 yang bersamaan dengan masa liburan sekolah. “Pendapatan yang diraih nantinya dipastikan masih akan terus bertambah seiring liburan akhir tahun yang akan segera dilalui. Secara umum, target tahun ini lebih besar daripada tahun sebelumnya yang hanya Rp5,2 miliar,” tuturnya.

Naik 20%
Ia menjelaskan terlampauinya target PAD dari retribusi objek wisata Telaga Sarangan tersebut tidak lepas dari upaya dinas mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Magetan, terlebih ke Telaga Sarangan. Di antaranya dengan menggelar sejumlah kegiatan di Telaga Sarangan yang mampu menarik wisatawan berkunjung, seperti tradisi larung sesaji dan kegiatan hiburan yang dilakukan saat libur panjang.

Advertisement

“Selain itu, kami juga mengandalkan dari mometum puncak kunjungan, seperti saat liburan Lebaran ataupun liburan akhir tahun seperti saat ini,” terang dia.

Sementara itu, data UPTD Telaga Sarangan mencatat, selama momentum liburan Hari Natal 2015 lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Telaga Sarangan nisbi meningkat hingga 20% dibandingkan hari libur biasa. Diprediksi, jumlah kunjungan wisatawan kembali meningkat signifikan pada liburan akhir tahun mendatang, hingga mencapai 10.000 pengunjung setiap harinya. Puncaknya, diperkirakan akan terjadi pada malam pergantian tahun, pada tanggal 31 Desember 2015 hingga tahun baru 2016.

 

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif