Soloraya
Sabtu, 26 Desember 2015 - 19:40 WIB

WISATA KOTA SOLO : Railbus dan Bus Werkudara Banjir Peminat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bus tingkat Werkudara. (dok Solopos)

Wisata Kota Solo, dua transportasi wisata di Kota Solo menjadi alternatif pilihan saat liburan.

Solopos.com, SOLO–Wahana rekreasi murah masih menjadi favorit bagi sebagian masyarakat Kota Solo. Hal itu bisa dilihat dari animo masyarakat yang menggunakan railbus Batara Kresna tujuan Wonogiri dan Bus Tingkat Wisata Werkudara. Sayang, pada musim liburan panjang akhir tahun ini Sepur Kluthuk Jaladara tidak beroperasi.

Advertisement

Pantauan Solopos.com di Stasiun Purwosari, Sabtu (26/12/2015) pagi, puluhan orang antre membeli tiket Railbus Batara Kresna sejak pagi. Dari stasiun tersebut, ada dua jadwal keberangkatan yaitu pukul 06.00 WIB dan 10.00 WIB.

Tiket railbus yang berangkat pukul 06.00 WIB sudah habis terjual seluruhnya pada pukul 05.30 WIB. Sedangkan tiket railbus yang berangkat pukul 10.00 WIB sudah habis terjual pada pukul 08.30 WIB. Satu tiket railbus dijual Rp4.000.

Advertisement

Tiket railbus yang berangkat pukul 06.00 WIB sudah habis terjual seluruhnya pada pukul 05.30 WIB. Sedangkan tiket railbus yang berangkat pukul 10.00 WIB sudah habis terjual pada pukul 08.30 WIB. Satu tiket railbus dijual Rp4.000.

“Sejak beberapa hari ini kursi Railbus Batara Kresna penuh semua. Totalnya ada 42 kursi yang tersedia,” ungkap costumer service (CS) Stasiun Purwosari, Iqbal Rizky, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Sabtu.

Penumpang yang berhasil mendapatkan tiket terlihat menikmati perjalanan sejauh sekitar 37 km menuju Wonogiri. Mereka disuguhi pemandangan indahnya Kota Solo dan daerah persawahan yang menghampar luas di kiri-kanan rel di daerah Sukoharjo dan Wonogiri.

Advertisement

Pantauan Solopos.com di bagian ticketing Bus Tingkat Wisata Werkudara di Kantor Dishubkominfo Solo, Sabtu siang, banyak calon penumpang yang kecele karena jadwal hari itu sudah penuh.
Padahal bus berangkat dalam tiga sif, pukul 09.00 WIB, 12.00 WIB dan 15.00 WIB. Pada Minggu, dari tiga sif hanya tersisa dua kursi untuk jadwal paling pagi.

“Maaf Pak, sebenarnya kami buka setiap saat. Tapi karena banyaknya animo masyarakat, lebih baik Bapak memesan dulu melalui telepon. Atau mungkin Bapak mau naik besok Senin, masih banyak tempat tersedia,” ujar pegawai bagian tiket, Rahwanti, 31, memberi penjelasan kepada calon penumpang Bus Tingkat Wisata Werkudara, Sabtu siang.

Menurutnya, peminat Bus Tingkat Wisata Werkudara pada musim liburan kali ini sangat besar. Pada waktu biasa, Bus Werkudara hanya beroperasi pada Sabtu, Minggu dan hari libur. Khusus menyambut liburan panjang anak sekolah, bus beroperasi mulai 22 Desember 2015 sampai 3 Januari 2016. Sebanyak 54 tempat duduk selalu terisi penumpang.

Advertisement

Biaya yang ditawarkan lumayan murah, yaitu Rp20.000 untuk sekali trip. Para penumpang bisa mampir ke lokasi-lokasi wisata di Kota Solo seperti Museum Radya Pustaka, Museum Batik Danar Hadi dll.

“Kebanyakan yang berekreasi dengan Bus Tingkat Wisata Werkudara adalah orang dari luar kota,” terangnya kepada Solopos.com.

Ia juga menjelaskan Sepur Kluthuk Jaladara tidak beroperasi pada akhir 2015. Alasannya, tidak ada pihak event organizer (EO) yang membuat acara atau menyewa sepur klasik tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif