Soloraya
Sabtu, 26 Desember 2015 - 08:10 WIB

LALU LINTAS SOLO : Volume Kendaraan Naik, Solo Padat Merayap

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasukan TNI dan Polri melakukan patroli gabungan di jalanan Kota Solo, Jumat (25/12/2015). Patroli tersebut untuk memberikan rasa aman bagi warga yang merayakan ibadah Natal. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Solo padat merayap menyusul libur panjang pekan ini.

Solopos.com, SOLO — Volume kendaraan yang melintasi Kota Bengawan selama masa libur Natal dan akhir tahun 2015 mengalami peningkatan signifikan. Hal itu menyebabkan kepadatan lalu lintas di sejumlah ruas jalan meningkat.

Advertisement

Koordinator Central Control Traffic and Information Surakarta (CCTIS) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Ari Atmoko, menyampaikan kenaikan volume kendaraan di Kota Bengawan mulai terasa sejak Rabu (23/12/2015) lalu. Kenaikan mencapai dua kali lipat dibandingkan arus lalu lintas normal.

“Peningkatan kendaraan sudah terasa secara signifikan. Kami memang tidak menghitung secara pasti. Tapi dari pantauan CC-Room, terlihat kendaraan yang biasanya hanya satu atau dua, kini jadi empat atau lima,” terangnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Jumat (25/12/2015) siang.

Lebih lanjut Ari menuturkan kenaikan volume kendaraan di beberapa lokasi terjadi di jam-jam tertentu. “Lalu lintas di Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. Pakubuwono terpantau padat mulai pukul 10.00 WIB-12.00 WIB. Setelah itu mulai ramai lagi setelah pukul 14.00 WIB sampai sore. Perempatan Panggung, Joglo, dan ring road juga ada peningkatan jumlah kendaraan pada pukul 16.00 WIB,” paparnya.

Advertisement

Antisipasi Kemacetan

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas, Ari mengatakan Dishubkominfo menerapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik.

“Semua lampu lalu lintas di Solo kami intervensi menyeluruh setiap ada kepadatan lalu lintas. Saat Jl. Pakubuwono padat, kami memasang barrier dan mengalihkan lalu lintas melalui Jl. Mayor Kusmanto. Barrier di bundaran Gladak juga dibuka situasional saat lalu lintas di wilayah tersebut mulai terpantau padat,” jelasnya.

Advertisement

Disinggung soal potensi kemacetan pada akhir pekan, Ari menyebutkan beberapa titik di antaranya pintu perlintasan kereta api di tengah kota, seputaran lokasi penyelenggaraan maleman Sekaten 2015 di Benteng Vastenburg, Jl. Pakubuwono, Alun-alun Utara, serta Palang Joglo, ring road, dan Jl. Adisucipto Fajar Indah.

“Manahan, Jl. Adisucipto, Purwosari, Palang Joglo, Panggung, Jl. Jenderal Sudirman dan Pakubuwono, pusat perbelanjaan dan oleh-oleh akan rawan macet pada akhir pekan ini. Utamanya pada sore dan malam hari. Lalu lintas diprediksi akan lebih padat dibandingkan akhir pekan biasanya karena libur Natal tahun ini berbarengan dengan libur sekolah,” katanya.

Menurut Ari, volume kendaraan  diproyeksi berangsur-angsur normal pada Senin (28/12) mendatang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif