Lifestyle
Jumat, 25 Desember 2015 - 18:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Hindari Efek Buruk Minuman Beralkohol, Imbangi dengan Makanan Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tips kesehatan kali ini mengulas makanan yang bisa menetralisir minuman beralkohol.

Solopos.com, SOLO — Mengonsumsi minuman beralkohol bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Anda harus mengimbanginya dengan makanan yang dapat menetralisir kandungan dalam alkohol.

Advertisement

Efek buruk minuman beralkohol sangat buruk, karena membuat hati harus mendetoksifikasinya sampai delapan jam. Selama waktu itu, kemampuan hati atau liver Anda untuk menangani racun lainnya berkurang. Untuk itu, Anda perlu makanan sehat untuk memperkuat kemampuan hati Anda, seperti dikutip Okezone dari Dailymail, Kamis (24/12/2015).

Nutrisi antioksidan seperti vitamin A, C, dan E serta mineral seperti zink dan selenium sangat penting untuk fungsi hati serta melindungi tubuh terhadap kerasnya alkohol. Antioksidan banyak ditemukan seperti dalam wortel, tomat, paprika, selada air, bit, kubis, brokoli, dan kale. Makan suplemen tambahan seperti vitamin C 500mg sebelum, selama, dan setelah minum alkohol juga bermanfaat.

Hati kita dapat melindungi diri dari kerusakan alkohol dengan memproduksi deposit lemak, yang justru dapat menghambat kemampuan tubuh untuk detoksifikasi alkohol. Vitamin C dan susu thistle dapat membantu mencegah efek ini.

Advertisement

Kebanyakan penelitian ilmiah menunjukkan milk thistle meningkatkan fungsi hati dan meningkatkan kelangsungan hidup pada orang dengan sirosis atau hepatitis kronis karena alkoholisme, tetapi ini masih perlu dikonfirmasi oleh studi yang lebih konsisten dan lebih besar.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif