Lifestyle
Jumat, 25 Desember 2015 - 09:00 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Hati-Hati, Mencuci Ayam Beku Pakai Air Ternyata Berbahaya

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Info hidup sehat kali ini mengulas efek buruk mencuci ayam sebelum memasak.

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda, kebiasaan mencuci ayam sebelum memasaknya ternyata bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Mengapa? Simak ulasan mengenai hal tersebut dalam info hidup sehat kali ini, Kamis (24/12/2015).

Advertisement

Seorang profesor di Universitas Drexel, Jenifer Kwinlan, berpendapat, ayam di supermarket yang notabene sudah dibekukan, mengandung salmonella dan campylobacter. Salmonella dan campylobacter adalah bakteri yang bisa memicu kontaminasi pada makanan.

Mencuci daging ayam dengan air, tidak serta merta menghilangkan salmonella dan campylobacter. Justru, ketika mencucinya dengan air, dua bakteri tersebut akan semakin menyebar dan bisa mengenai peralatan masak atau makan, serta makanan yang lai, mudah terkontaminasi.

Lalu, apakah daging ayam dari supermarket lantas tak perlu dibersihkan? Tentu saja harus tetap dibersihkan. Sebagaimana dilansir Healthylifetricks, cara aman untuk membersihkan daging ayam yang sudah dibekukan adalah menggunakan tisu. Basahi tisu dengan sedikit air, lalu gunakan tisu tersebut untuk mengelap daging ayam.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif