Soloraya
Kamis, 24 Desember 2015 - 19:50 WIB

WISATA KARANGANYAR : Harga Tiket Candi Sukuh dan Candi Cetho Naik Dua Kali Lipat

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemandangan sisi selatan Candi Induk Sukuh. Tim Pemugaran dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah selesai memugar Candi Induk Sukuh. Foto diambil Selasa (22/12/2015). (Maryana Ricky P.D/JIBI/Solopos)

Wisata Karanganyar dibanjiri wisatawan saat liburan akhir tahun.

Solopos.com, KARANGANYAR—Harga tiket objek wisata Candi Sukuh dan Candi Cetho naik dua kali lipat mulai Kamis (24/12/2015). Harga tiket dua objek wisata itu menjadi Rp7.000 untuk wisatawan domestik. Sebelumnya, harga tiket wisatawan dalam negeri Rp3.000. Harga tiket wisatawan mancanegara naik dari Rp10.000 menjadi Rp25.000.

Advertisement

Kepala Bidang (Kabid) Objek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karanganyar, Surono, menuturkan kenaikan harga tiket berlaku seterusnya. Disparbud Karanganyar sudah menandatangani memorandum of understand (MoU) dengan Balai Penelitian Peninggalan Purbakala (BP3).

Rencana kenaikan harga tiket itu per 1 Januari. Tetapi, Disparbud mempercepat. “Pertimbangan survei ke sejumlah daerah. Harga tiket masuk candi itu Rp7.000-Rp30.000 bahkan lebih mahal. Harga tiket di Karanganyar paling murah [Rp3.000]. Ibaratnya ke toilet saja bayar Rp2.000, masak ini ke objek wisata Cuma Rp3.000,” kata Surono saat dihubungi solopos.com, Kamis (24/12/2015).

Disparbud Karanganyar sudah memasang pengumuman di lokasi objek wisata. Surono optimistis kenaikan harga tiket tidak akan mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun asing.

Advertisement

“Naikknya masih wajar kok. Mereka [pengunjung] pasti mau mengerti,” tutur dia.

Sementara itu, Pemandu Wisata Prima Tours Solo, Patrick Orlando, menuturkan sudah menerima informasi kenaikan harga tiket dua objek wisata itu. Informasi menyebar melalui sejumlah blackberry messenger (bbm), facebook (fb), whatsapp, dan lain-lain.

Patrick mengatakan kenaikan harga itu wajar dan tidak akan mempengaruhi jumlah wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Karanganyar. Dia mengaku akan mendampingi sejumlah tamu dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI pada Kamis.

Advertisement

Namun, Patrick berharap peningkatan harga tiket sebanding dengan peningkatan pelayanan di objek wisata.

“Enggak masalah [harga tiket naik]. Untuk wisatawan mancanegara nilainya $2 USD. Itu masuk akal. Dari awal, harga tiket terlalu murah. Kami [pelaku wisata] mendukung kenaikan harga tiket. Demi kemajuan pariwisata di Karanganyar,” ujar dia saat dihubungi solopos.com, Kamis.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif