Jogja
Rabu, 23 Desember 2015 - 06:50 WIB

GEBYAR DIRGANTARA : Flanker dan Falcon Tinggalkan Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kelima pesawat itu mulai meninggalkan area runway Wing Pendidikan Terbang tepat di depan hanggar Skuadron Pendidikan.

 

Advertisement

 


Pesawat Tempur Sukhoi SU-30 dari Skuadron Udara 11 Lanud Hasanuddin Makassar terlihat terbang rendah dari venue Gebyar Dirgantara, Sabtu (19/12/2015). (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN – Lima pesawat tempur terdiri atas Sukhoi, F-16 dan T-50i yang meramaikan perhelatan Gebyar Dirgantara Yogyakarta meninggalkan Jogja, Selasa (22/12/2015) pagi. Jumlah itu berkurang satu dari awalnya enam unit, karena pesawat tempur T-50i Golden Eagle mengalami kecelakaan.

Advertisement

Kelima pesawat itu mulai meninggalkan area runway Wing Pendidikan Terbang tepat di depan hanggar Skuadron Pendidikan. Pesawat Sukhoi dari Skuadron Udara 11 Lanud Hasanudin, Makassar lebih dahulu berada di depan untuk menuju ke runway zero nine sisi barat Lanud Adisutjipto. Setelah menunggu beberapa menit pesawat komersial landing, burung besi termahal milik TNI AU segera bersiap untuk airborne pukul 08.40 WIB. Si Thunder, julukan penerbang Sukhoi, menggeber Flanker dan sukses take off dengan meninggalkan suara menggelegar di langit Jogja sisi timur di susul dengan Flanker kedua. Satu dari dua pesawat itu dibesut oleh Mayor Pnb Anton “Sioux” Pallaguna.

Selanjutnya, pesawat tempur F-16 bernomor ekor TS-1605 dan TS-1609. Bertindak sebagai Flight Leader F-16 dalam kesempatan itu adalah Letkol Pnb Anjar Legowo yang juga Komandan Skuadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun bersiap. Seorang Dragon, sebutan penerbang F-16, sempat melampaikan tangan kepada ground crew Lanud Adisutjipto. Seperti halnya Flanker, Falcon itu juga secepat kilat meninggalkan Jogja disusul pesawat F-16 yang satunya. Terakhir adalah T-50i Golden Eagle bernomor ekor TT-5001 ikut meninggalkan Lanud Adisutjipto.

Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Hamdi Londong menjelaskan, selain kelima pesawat tempur tersebut, tim aerobatik Helikopter Pegasus dari Lanud Suryadharma Subang juga kembali ke markasnya pada Selasa (22/12) kemarin. “Untuk semua pesawat tempur sudah kembali ke markas,” terangnya kemarin.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif