Lifestyle
Selasa, 22 Desember 2015 - 07:10 WIB

WISATA MALANG : Pantai Jembatan Panjang dan Mitos Mahluk Halus

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pantai Jembatan Panjang di Kabupaten Malang (Mariyana Ricky/JIBI/Solopos)

Wisata Malang, Pantai Jembatan Panjang bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda.

Solopos.com, MALANG — Pantai Jembatan Panjang terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Malang. Pantai Jembatan Panjang memiliki pesona hamparan pasir putih diselingi pecahan kerang. Reruntuhan jembatan tak selesai dibangun menjadi pesona yang tak ditemukan di pantai lain.

Advertisement

Jembatan putus tersebut kerap menjadi pemandangan unik bagi para pemburu foto lanskap. Terlebih, pepohonan rimbun dan pulau-pulau yang menjorok di sekitarnya membuat citra alamnya makin memesona.

Menurut mitos masyarakat setempat, konon jembatan yang dibangun tersebut telah mengalami perbaikan berkali-kali, namun tak pernah berhasil. Padahal, pembangunan jembatan di Pantai Balekambang yang menghubungkan Pulau Wisanggeni dan Pulau Ismoyo sebelumnya tak mengalami kendala.

Masyarakat sekitar menyebut pembangunan jembatan menuju pulau kecil itu tidak disetujui makhluk halus penghuni pulau. Mitos lain mengatakan, pulau tersebut pernah menjadi lokasi pertapaan bertahun-tahun.

Advertisement

Jika petapa tersebut telah selesai melakukan pertapaan, maka perbaikan jembatan dapat dilaksanakan. Akan tetapi apabila petapa tersebut belum selesai, perbaikan jembatan bakal berbuah sia-sia.

Menurut salah seorang blogger asal Jawa Timur, Anom Harya, Pantai Jembatan Panjang dapat menjadi alternatif lokasi kemping, jika merasa Pantai Balekambang terlalu mainstream. Akan tetapi, di pantai ini tak banyak warung yang buka 24 jam. Anda perlu sedikit mengantongi bekal agar tak bolak-balik ke Pantai Balekambang yang lebih ramai.

Satu lagi yang enggak boleh terlewatkan saat berkunjung ke pantai tersebut adalah mencicipi sebutir kelapa muda dari pedagang setempat. Harganya cukup murah antara Rp7.000 hingga Rp10.000 per butir.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif