News
Selasa, 22 Desember 2015 - 12:15 WIB

PENDIDIKAN SOLO : 26 Siswa SMP Dapat Beasiswa Bakat Prestasi Rp2 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (ist)

Pendidikan Solo ini terkait beasiswa bakat prestasi yang diterima 26 siswa SMP di Kota Bengawan.

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 26 siswa SMP di Kota Solo menerima beasiswa bakat prestasi dari Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pencairan beasiswa tersebut diharapkan sudah selesai pekan ini.

Advertisement

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Bambang Wahyono, mengemukakan, beasiswa tersebut diberikan kepada siswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi baik akademik maupun nonakademik yang diraih para siswa di tingkat provinsi dan nasional.

Dia menyatakan penentuan 26 siswa penerima beasiswa tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat sesuai tingkat prestasi yang diraih masing-masing siswa. Sedangkan untuk mekanisme pengambilan beasiswa, lanjutnya, tidak jauh berbeda dengan pengambilan Beasiswa Siswa Miskin (BSM) yaitu dengan kartu siswa dan didampingi oleh guru atau orang tua siswa.

“Nilai beasiswa yang diterima masing-masing siswa senilai Rp2 juta,” ungkap Bambang ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (21/12/2015). Menyusul pemberitahuan melalui surat dari Kemendikbud yang diterima Disdikpora, Jumat (18/12), Bambang mengatakan, pencairan beasiswa tersebut diperkirakan sudah mulai dilakukan pekan ini.

Advertisement

“Seharusnya pekan ini sudah cair, karena proses pencairan sudah dimulai Jumat (18/12) lalu. Dan untuk pemanfataannya, kami harapkan itu dapat digunakan untuk keperluan sekolah siswa. Memang tidak ada kriteria khusus yang ditentukan oleh pusat untuk penerima beasiswa ini. Dan diharapkan sebelum tanggal 30 Desember sudah selesai proses pencairan dan pengambilan,” tuturnya.

Dia menambahkan, para peserta penerima beasiswa berasal dari 14 SMP negeri dan swasta di Kota Solo, yaitu SMP Kalam Kudus, SMP Bintang Laut, SMP Muhammadiyah 1, SMP Muhammadiyah 5, SMPN 1, SMPN 8, SMPN 10, SMPN 11, SMPN 18, SMPN 2, SMPIT Nur Hidayah, SMP Kasatriyan, SMP Al Abidin, dan SMP Al Islam.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif