Soloraya
Selasa, 22 Desember 2015 - 22:40 WIB

HASIL PILKADA KLATEN : KPU Tetapkan Duo Sri Pemenang Pilkada

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sri Hartini (keenam dari kanan) dan Sri Mulyani (kelima dari kanan) berpose bersama dengan penyelenggara pilkada dan aparat keamanan di kantor Kantor Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Selasa (22/12/2015) malam. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Hasil Pilkada Klaten ditetapkan KPU.

Solopos.com, KLATEN – Duo Sri yakni pasangan Sri Hartini-Sri Mulyani (Hati Mulya) ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Klaten 2015. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten menetapkan pasangan nomor 3, Sri Hartini-Sri Mulyani (Hati Mulya) sebagai pasangan terpilih di pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015, Selasa (22/12/2015) pukul 20.00 WIB.

Advertisement

Acara penetapan tersebut tidak dihadiri rival Hati Mulya, pasangan nomor 1, Mustafid Fauzan-Sri Harmanto (Faham) dan pasangan nomor 2, One Krisnata-Sunarto (OK-To).

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, penetapan Hati Mulya sebagai pasangan terpilih di pilkada Klaten sesuai  surat keputusan KPU bernomor: 50/Kpts/KPU-Kab/012.329461/2015 tentang Penetapan Pasangan Terpilih dalam Pilkada Klaten.

Keputusan tertanggal 22 Desember 2015 itu ditandatangai Ketua KPU Klaten, Siti Farida dan Kasubag Hukum Sekretariat KPU Klaten, Wahyu Agustini. Selain dihadiri penyelenggara pilkada dan aparat keamanan, acara tersebut juga dihadiri mantan Bupati Klaten sekaligus ketua DPC PDIP Klaten, Sunarna yang mengenakan kemeja merah; Pj. Bupati Klaten, Jaka Sawaldi juga mengenakan kemeja merah; dan sejumlah pendukung Hati Mulya.

Advertisement

Sesuai hasil penghitungan suara, Hati Mulya meraup 321.593 suara atau 48,90 persen. Pasangan OK-To meraih 273.189 suara atau 41,54 persen. Sedangkan, Faham memperoleh 62.849 suara atau 9,56 persen. Jumlah suara sah di Klaten mencapai 657.631 suara. Jumlah suara tidak sah mencapai 31.756 suara.

“Pasangan Hati Mulya ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih di Klaten. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” kata Siti Farida, di sela-sela acara penetapan.

Bersatu Lagi

Advertisement

Dalam sambutannya, Sri Hartini, mengajak seluruh warga Klaten agar bersatu kembali dalam rangka mewujudkan Klaten yang  maju, mandiri, dan berdaya saing. Dalam membangun Klaten, Sri Hartini akan menitikberatkan pembangunan infrastruktur dan mengentaskan kemiskinan di Klaten.

“Bupati dan wakil bupati terpilih nanti semuanya perempuan. Tentu, persoalan gender akan kami utamakan juga,” katanya.

Pj. Bupati Klaten, Jaka Sawaldi, mengucapkan selamat kepada Hati Mulya atas terpilihnya sebagai bupati dan wakil bupati terpilih.

“Satu hal yang menjadi perhatian bersama, menurunnya partisipasi  masyarakat di pilkada. Ke depan, perlu ditingkatkan lagi [jumlah partisipasinya],” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif