Jateng
Selasa, 22 Desember 2015 - 15:50 WIB

AKSES ANTARDESA : 18 Jembatan di Kudus Senilai Total Rp29,8 Miliar Diresmikan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi jembatan (JIBI/dok)

Akses antardesa berupa 18 jembatan di Kudus diresmikan dan difungsikan.

Kanalsemarang.com, KUDUS– Bupati Kudus Musthofa menandatangani 18 prasasti jembatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sekaligus menandai diresmikannya belasan jembatan yang dibangun tahun ini dengan total anggaran mencapai Rp29,8 miliar, Senin (21/12/2015) malam.

Advertisement

Penandatanganan 18 prasasti jembatan tersebut, dilakukan di atas Jembatan Ploso sebagai salah satu jembatan yang diresmikan secara simbolis oleh Bupati Kudus Musthofa.

Dalam peresmian belasan jembatan yang dipusatkan di Jembatan Ploso, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus, diramaikan dengan penampilan T-Koes Band (Tonny Koeswoyo Band).

Advertisement

Dalam peresmian belasan jembatan yang dipusatkan di Jembatan Ploso, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus, diramaikan dengan penampilan T-Koes Band (Tonny Koeswoyo Band).

Sementara band pembuka, yakni grup Moore Bless yang beraliran rock merupakan pengagum grup musik legendaris, God Bless yang juga grup musik rock. Ribuan masyarakat yang hadir juga disuguhi dengan aneka makanan dan minuman gratis karena Pemkab menyiapkan sejumlah pedagang bakso dan nasi kucing untuk jamuan gratis.

Bupati Kudus Musthofa dalam sambutannya di Kudus, Senin, mengungkapkan, bahwa Pemkab Kudus sudah berupaya maksimal agar jembatan yang rusak segera diperbaiki.

Advertisement

Keberadaan 18 jembatan yang baru dibangun tersebut, diharapkan bermanfaat sebagai akses dari satu desa ke desa lainnya.

Ia juga mengapresiasi kepada Dinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral Kudus yang meminta perawatan jembatan terhadap pelaksana proyek tidak hanya dalam hitungan beberapa bulan saja, melainkan dalam waktu satu tahun.

“Mudah-mudahan terselenggara dengan baik,” ujarnya.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral Kudus Sam’ani Intakoris dalam pembacaan laporannya mengungkapkan, pembangunan jembatan untuk tahun anggaran 2015 terdapat 17 jembatan, sedangkan Jembatan Tenggeles-Dawu Biaya senilai Rp4,9 miliar yang sumber pendanaannya berasal dari bangub merupakan pekerjaan tahun 2014 namun ikut diresmikan sekarang.

Dari belasan pembangunan jembatan tersebut, 16 jembatan di antaranya berasal dari APBD Kudus tahun 2015 yang nilainya mencapai Rp23,8 miliar, sedangkan satu jembatan berasal dari Bantuan Gubernur senilai Rp6 miliar, sehingga total anggaran tahun 2015 untuk pembangunan 17 jembatan sebesar Rp29,8 miliar.

Dari belasan proyek pembangunan jembatan, terdapat empat jembatan besar, yakni Jembatan Tambaklulang dengan nilai proyek Rp5,96 miliar, Jembatan Planggading dengan nilai proyek Rp4,9 miliar, Jembatan Ploso dengan nilai proyek Rp6 miliar, Jembatan Karangmalang-Getasrabi dengan nilai proyek Rp1,5 miliar dan Jembatan Semliro dengan nilai proyek Rp1,1 miliar.
Dari empat proyek pembangunan jembatan tersebut, satu jembatan merupakan jembatan baru, sedangkan lainnya merupakan jembatan pengganti.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif