News
Senin, 21 Desember 2015 - 05:10 WIB

MIGRAN SERBU EROPA : Jerman Tindak Tegas Negara yang Tolak Pengungsi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kapal migran (www.independent.co.uk)

Migran serbu Eropa untuk mencari perlindungan atas peperangan yang terjadi di negara mereka.

Solopos.com, SOLO – Jerman dikenal sebagai negara yang terbuka terhadap para pengungsi dari Timur Tengah. Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier meminta kepada semua negara di Eropa agar tidak menolak penjatahan pengungsi.

Advertisement

Steinmeier dalam wawancara dengan mingguan Jerman Der Spiegel yang dilansir Antara dari AFP menyatakan jika tidak bisa dilakukan, hal itu akan diselesaikan melalui hukum, dengan menambahkan bahwa Eropa adalah masyarakat hukum.

Menteri Jerman itu berbicara khusus tentang Slowakia dan Hongaria, yang mengancam melakukan tindakan hukum terhadap aturan penjatahan tersebut.

Slowakia pada bulan lalu menyatakan akan mengadu terhadap rencana jatah Eropa Bersatu untuk menyalurkan 160.000 pengungsi dan pendatang ke seluruh kelompok tersebut.

Advertisement

Beberapa pendatang masuk Slowakia dalam perjalanan ke Eropa barat, bahkan pencari suaka memilih menetap. Di bawah aturan jatah Eropa Bersatu, Bratislava diharapkan mengambil hanya kurang dari 2.300 pendatang.

“Kesetiakawanan Eropa bukan jalan satu arah,” kata Steinmeier, dengan menambahkan bahwa yang menolak (menerima pengungsi) harus tahu yang dipertaruhkan bagi mereka: perbatasan terbuka di Eropa,” ujar Frank-Walter Steinmeier

Daerah bebas visa Schengen Eropa dihargai sebagai salah satu pencapaian paling penting dan Komisi Eropa berulang kali menyatakan kekhawatiran bahwa penerapan kembali pengendalian perbatasan mengancam masa depan.

Advertisement

Mereka juga menyerukan pengiriman cepat bantuan terjanjikan tiga miliar euro (lebih dari 32,5 triliun rupiah) untuk pengungsi di Turki sebagai imbalan bantuannya dalam membendung arus tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif