Soloraya
Senin, 21 Desember 2015 - 08:00 WIB

DANA PARPOL : Banpol untuk Golkar & PPP Solo Segera Cair

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harianjogja/Reuters)

Dana parpol untuk Partai Golkar dan PPP diklaim akan segera cair.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memberi lampu hijau pencairan dana bantuan politik (banpol) Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang selama ini terkatung-katung. Syaratnya, penerima dana sesuai dengan kepengurusan yang mengajukan banpol.

Advertisement

Kesepakatan itu tercapai dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) belum lama ini. Anggota Banggar DPRD Solo, Supriyanto, saat ditemui di kawasan Laweyan, Sabtu (19/12/2015), memastikan banpol PPP dan Golkar segera cair akhir tahun ini.

Pihaknya meyakini problem dualisme kepengurusan di kedua partai tak akan menghambat pencairan dana bantuan.

“Harus dibedakan antara problem kepengurusan dan sistem administrasi keuangan. Kemarin Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) sudah menyampaikan (banpol) bisa cair asal penerimanya sama dengan yang mengajukan. Acuannya nanti SK (surat keputusan) partai yang masuk di DPPKA,” ujar dia.

Advertisement

Sebagai informasi, Pemkot menganggarkan total banpol sebesar Rp770,5 juta di APBD 2015. Banpol milik Golkar dan PPP selama ini tak bisa dicairkan lantaran problem laporan pertanggungjawaban (LPj) hingga dualisme pengurus.

Supriyanto meyakini banpol kedua partai dapat cair meski sudah jelang tutup tahun. “Batas akhir pencairan bantuan tanggal 30 Desember,” kata dia.

Ketua DPD II Golkar Solo kubu Aburizal Bakrie, Atiek Wahyuningsih, optimistis banpol partainya segera cair menyusul keputusan terbaru Pemkot. Dalam waktu dekat pihaknya bakal mengurus administrasi akhir pencairan ke DPPKA. Atiek menyebut Golkar memiliki banpol sekitar Rp64 juta.

Advertisement

Ketua DPC PPP Solo kubu Romahurmuziy, Arif Sahudi, menghormati keputusan Pemkot terkait pencairan banpol. Pihaknya tak mempermasalahkan banpol bakal cair ke salah satu kubu pengurus. “Apa pun keputusan pemerintah kami ikuti,” ucap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif