News
Minggu, 20 Desember 2015 - 14:00 WIB

PESAWAT GOLDEN EAGLE JATUH : Mengudara 20 Menit, Ini Kronologi Pesawat T50 Jatuh di Yogyakarta

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat T50i Golden Eagle. (Wikipedia)

Pesawat Golden Eagle jatuh di area persawahan di dekat Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

Solopos.com, JOGJA — Acara Gebyar Dirgantara menyisakan duka. Dalam acara tersebut, pesawat milik TNI AU, T50 Golden Eagle jatuh di area persawahan sekitar Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (20/12/2015), sekitar pukul 09.50 WIB pagi.

Advertisement

Berdasarkan keterangan Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Imran Baidirus dalam jumpa pers di Kantor Danlanud Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu, siang, pesawat T50 Golden Eagle jatuh setelah 20 menit mengudara.

“[Jatuhnya] 20 menit setelah terbang,” jelas Marsma TNI Imran Baidirus, sebagaimana dilansir Detik, Minggu.

Sementara itu, seorang saksi mata Wisnutomo—yang saat kejadian berada di bandara komersial menunggu pesawat menuju Jakarta—mengungkapkan pesawat T50 tampak berputar-putar sebelum kemudian jatuh.

Advertisement

“Kejadiannya pukul 10.00 kurang sedikit, saya lihat pas pesawat mau naik ke atas, naiknya terlalu rendah habis itu pesawat muter-muter, kemudian langsung jatuh,” tutur Wisnutomo, Minggu (20/12/2015).

Wisnu juga menjelaskan terdengar suara ledakan sebanyak dua kali. “Saya dengar ada dua ledakan keras waktu itu, pihak keamanan langsung kordinasi dan bergegas ke lokasi kejadian. Lokasinya di sebelah timur arena airshow,” bebernya.

Dalam insiden pesawat jatuh ini, dua awak pesawat meninggal dunia, yaitu Letkol Penerbang Marda Sarjono dan Kapten Penerbang Dwi Cahyono. Dua jenazah sudah dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Harjo Lukito.

Advertisement

Sehubungan dengan peristiwa pesawat T50 Golden Eagle ini jatuh, Imran menyatakan belasungkawanya.

“Saya mewakili TNI AU menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya dan [yang gugur] ditempatkan di tempat yang mulia, gugur dalam tugas,” ujar Imran.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif